Jakarta – Dalam rangka pengimplementasian visi perusahaan, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,  ESAS Management berupaya untuk memfasilitasi  berbagai program yang dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Diantaranya 15 Juli Sabtu Siang, ESAS Management telah sukses menyelenggarakan pelatihan Certified Tax Audit Senior atau CTAS.  Pelatihan CTAS ini diikuti oleh 8 orang peserta terdaftar yang terdiri dari berbagai macam latar belakang dan juga domisili, dari mulai wiraswasta, mahasiswa, PNS, karyawan perusahaan dan TA akuntansi dan investasi di berbagai tempat/daerah.

Pelatihan ini dilaksanakan via zoom online, dimulai dari pukul 09.00 hingga pukul 11.45 WIB. Pelatihan ini terdiri dari 6 sesi mulai dari pembukaan oleh Nuraeni selaku Moderator ESAS Management, hingga penyampaian materi Tax Audit Senior oleh Yuniati, S.E., M.Ak.

Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Praktisi Pajak, ESAS Management Menyelenggarakan Certified Tax Audit Senior
Dokumentasi Pelatihan CTAS

Dalam pemaparannya di pelatihan CTAS ini, Yuniati menjelaskan fungsi SPT (surat pemungutan) pajak diantaranya sebagai sarana untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan perhitungan jumlah pajak yang sebenarnya terutang dan untuk melaporkan tentang:

  1. Pembayaran dan pelunasan pajak yang telah dilaksanakan sendiri dan/atau melalui pemotongan atau pemukiman pihak lain dalam 1 (satu) tahun pajak atau bagian tahun pajak.
  2. Penghasilan yang merupakan objek pajak dan/atau bukan objek pajak.
  3. Harta dan kewajiban : dan/atau
  4. Pembayaran dari pemotong atau pemungut tentang pemotongan atau pemungutan pajak orang pribadi atau badan lain dalam 1 (satu) tahun pada sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Marzuki selaku peserta pelatihan menyampaikan apresiasinya terhadap pelatihan CTAS ini “Pelatihan ini sangat luar biasa, Menambah ilmu pengetahuan. Sebenarnya saya dalam ilmu perpajakan masih bisa dikatakan dangkal, tetapi ini merupakan tantangan saya terkait dengan pekerjaan saya di lapangan. Mudah-mudahan pelatihan ini menjadi sarana untuk mempermudah saya dalam upaya implementasi di pekerjaan”Katanya.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Sementara itu Elfredo Hutauruk yang juga peserta di Pelatihan CTAS terlihat puas, dan menyampaikan tanggapannya “Saya bersyukur pelatihan ini telah diadakan oleh ESAS Management bahkan harus dilanjutkan jika ada materi topik berikutnya yang relevan dengan perpajakan”Kata Elfredo.

Nuraeni selaku moderator mengungkapkan di akhir sesi, ESAS Management  juga tidak hentinya memberikan dorongan kepada masyarakat Indonesia terkhusus peserta pelatihan CTAS agar terus semangat mengikuti pelatihan lain bahkan bisa klaim diskon 10% jika ingin ikut pelatihan lain di Esas Management terkait pengembangan diri atau upgrade berbagai macam ilmu yg difasilitasi oleh Esas, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sejalur dengan visi Esas Managemen.

“Setelah mengikuti pelatihan CTAS ini, maka secara otomatis peserta pelatihan akan menjadi alumni ESAS, artinya bisa mendapatkan diskon 10% apabila ingin mengikuti pelatihan lain yang difasilitasi oleh ESAS MANAGEMENT tentunya,” tuturnya.

Selanjutnya Nuraeni mengatakan, Pada pelatihan ini juga ada sesi interaktif yang memberikan kesempatan kepada seluruh peserta untuk menanyakan berbagai hal tentang Tax Audit Senior. Kami berharap pelatihan ini peserta kita tidak hanya mendengarkan materi saja dari fasilitator kita yaitu Ibu Yuniati, S.E., M.Ak. tapi juga bisa sharing mengenai keresahan ataupun problem yang dapat dicari solusinya bersama-sama dengan arahan dan sudut pandang fasilitator CTAS.