Jakarta- 10 peserta terdaftar mengikuti pelatihan CCSP (Certified Corporate Secretary Profesional) yang diselenggarakan via online zoom meeting oleh ESAS Management Sabtu, 2 September 2023. Pelatihan ini bertujuan untuk menggali skill profesi sekretaris.

Materi dalam pelatihan ini mencakup: introduction kesekretaris dan profesi sekretaris, klasifikasi dan jenis sekretaris, peran dan tugas sekretaris, tujuan dan fungsi administrasi kesekretarisan, etika dan kode etik sekretaris, kompetensi sekretaris profesional, tuntutan dan peluang sekretaris di masa depan, serta kiat-kiat sekretaris profesional. Pelatihan ini diisi oleh Dra. Faridah M.M. yang merupakan master trainer di ESAS Management sekaligus Praktisi Yang berpengalaman sebagai sekretaris lebih dari 10 tahun.

Peserta pelatihan CCSP antusias menyimak materi yang di sampaikan oleh Ibu Dra. Faridah, M.M.
Doc. Pelatihan CCSP Batch 6.

Dalam pemaparan materinya, Faridah menjelaskan, sekretaris berdasarkan kemampuan dan pengalaman terklasifikasi ke dalam sekretaris senior dan sekretaris junior. Sekretaris senior adalah sekretaris yang memiliki pengalaman serta jam kerja lebih banyak dibandingkan sekretaris junior dan memiliki inisiatif dan kreativitas tinggi sehingga mampu mengatasi semua dan tantangan yang dihadapi.  sementara sekretaris junior adalah mereka yang baru memulai karir dan masih sedikit dalam pengalaman kerja.

Moderator Pelatihan Nur'aeni, dalam Sesi pembukaan mengatakan, pelatihan CCSP ini difasilitasi oleh ESAS Management.

“ESAS Management yang dinaungi oleh PT ESAS Edukasi Indonesia merupakan lembaga pendidikan, pelatihan dan sertifikasi untuk menciptakan alumni yang kompeten di bidangnya. Salahsatu implementasi nya adalah menawarkan produk knowledge dengan  memfasilitasi pelatihan kepada seluruh lapisan masyarakat Yang berminat di berbagai bidang. Diantaranya malam ini ESAS memfasilitasi Pelatihan mengenai profesi sekretaris”.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Ia juga memaparkan benefit yang akan didapatkan setelah mengikuti pelatihan CCSP, diantaranya:

  1. Mendapatkan gelar non akademik CCSP
  2. Mendapatkan E-sertifikat pelatihan 
  3. Grup alumni CCSP, dan
  4. Grup bina alumni ESAS Manajemeni.

Ia berharap, setelah pelatihan ini terjadi peningkatan kualitas pemahaman dalam hal profesi sekretaris.

Ratri Zainita sebagai salah satu peserta memberikan tanggapan mengenai pelatihan CCSP Sabtu malam.

“saya senang sekali, Pelatihan ini bagus banget, materinya oke, next time saya mau ikutan pelatihan arsip yang juga difasilitasi oleh ESAS Management” Tutur Ratri.

Selain itu Cholid Irfani yang juga merupakan peserta pelatihan ikut menanggapi, “Pelatihannya sangat saya apresiasi, kelas ini luar biasa bagus, sya juga ingin kembali mengikuti pelatihan arsip yang akan di adakan Minggu depan”tambah Cholid.

Pelatihan ini merupakan salah satu pengimplementasian visi perusahaan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dari visi tersebutlah ESAS Management berupaya hadir menyediakan jasa edukasi di berbagai bidang.