Jakarta- 06  September 2023 ESAS management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Auditor Internal Awareness (CAIA).

Pelatihan Certified Auditor Internal Awareness (CAIA) tersebut diselenggarakan pada hari Rabu, 06 September 2023 pukul 19. 00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Auditor Internal Awareness (CAIA). Beliau adalah Bapak Yakin Ermanto, S.T., M.B. (Master Trainer ESAS Management, Praktisi & trainer QHSE), dan dengan seorang moderator yaitu Indah (moderator & Admin Support ESAS Management).

Dalam pemaparannya, Yakin Ermanto menjelaskan bahwa dengan dan lihat apa yang disampaikan bukan siapa yang mengatakan. Terima jika apa yang disampaikan itu kebenaran, sekalipun yang menyatakan bukan orang yang benar. Sebaliknya tolak apapun yang disampaikan jika bukan kebenaran, sekalipun yang menyatakan orang yang terlihat benar atau memang benar.

“Audit sebuah proses yang sistematik, independent dan terdokumentasi untuk mencari bukti-bukti audit dan mengevaluasi bukti-bukti tab secara objective (tidak subjective) untuk menentukan sejauh mana kriteria audit telah dipenuhi” ujar bapak Yakin.

Tipe-tipe audit yaitu First Party (oleh diri sendiri), Second Party (Pihak eksternal lain yang berkepentingan dan penyedia barang/jasa eksternal, dan Third Party (Pihak independent (audit sertifikasi dan atau akreditasi dan persyaratan peraturan perundangan dan sejenisnya)).

Apa saja istilah-istilah ISO 19011? istilah-istilah ISO 19011 yaitu bukti audit, kriteria audit, temuan audit, auditee, auditor, program audit, lingkup audit dan rencana audit


Apa saja prinsip audit? Prisip-prinsip audit yaitu integritas, penyampaian yang jujur, profesionalisme, kehadiran, independensi, pendekatan berbasis bukti, dan pendekatan berbasis resiko.

Ada pelatihan audit berbasis ISO 19011 Lohh... di ESAS Management!!! Sudah berjalan Batch Ke-2.
Doc. Pelatihan CAIA Batch 2

Apa saja manajemen program audit? manajemen program audit yaitu PLAN (Membangun tujuan program audit, Menentukan dan mengevaluasi resiko dan peluang program audit dan Membangun program audit), DO (Mengimplementasikan program audit), CHECK (Memonitor program audit), ACTION (Meninjau dan meningkatkan program audit).

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Apa Tanggung Jawab dan Peran Manajer Program Audit?  Manajer Program Audit bertanggung jawab untuk: Menetapkan tujuan dan lingkup program audit, Mengindentifikasi dan mengevaluasi Risiko dari program audit, Memastikan penerapan program audit, Memastikan catatan terkait dengan program audit terpelihara, Menetapkan tanggung jawab dan prosedur dan memastikan ketersediaan sumber daya, Mengawasi, meninjau dan meningkatkan program audit.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Auditor Internal Awareness (CAIA), yaitu sebagai berikut:

  1.  Prinsip Audit
  2. Konsep Kompetensi Auditor
  3. Audit Work Flow
  4. Metode Audit
  5. Struktur Penyampaian pertanyaan dalam audit

Pelatihan Certified Auditor Internal Awareness (CAIA) juga memaparkan pelaporan audit. Temuan audit sebaiknya dievaluasi berdasarkan kriteria audit yang digunakan untuk menentukan klasifikasi temuan. Temuan audit dapat diklasifikasikan “kesesuaian” atau ” ketidak sesuaian terhadap standar dan/atau sebagai peluang perbaikan mutu. Diakhir acara para peserta Certified Auditor Internal Awareness (CAIA) juga sangat mengapresiasi pelatihan ini.  

Menurut Salah satu peserta, yaitu Bapak Chrismas Pardamean mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bagus untuk semua kalangan para auditor karena materi yang disampaikan membantu saya dalam segi bekerja dan dalam segi pengetahuan saya dapat dikembangkan, banyak informasi baru jika seandainya hanya bekerja saja tidak mendapatkan informasi baru, karena pelatihan malam hari ini saya mendapatkan informasi yang sangat bermanfaat untuk kedepannya.