Jakarta- 12 peserta terdaftar mengikuti pelatihan CPFI (Certified Profesional Fraud Investigator) yang diselenggarakan via online zoom meeting oleh ESAS Management Selasa, 12 September 2023. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pencegahan dan pendeteksian kecurangan dalam jaminan nasional.

Pelatihan ini diisi oleh Aditya Hermawan, S.E., Ak, MSA. yang merupakan master trainer di ESAS Management sekaligus Founder & Owner Akulaba.com

Dalam pemaparan materinya, Adit menjelaskan, di antara jenis-jenis fraud yaitu penipuan , yang mencakup penipuan kartu kredit, penipuan investigasi dan pencucian uang.  Penipuan kartu kredit yaitu penggunaan tidak sah kartu kredit atau debit seseorang untuk melakukan pembelian atau transaksi , adapun penipuan transaksi yaitu penawaran investasi palsu atau skema piramida untuk meraih keuntungan dari investor tanpa memberikan hasil yang dijanjikan, dan pencucian uang atau money laundrering yaitu mengubah uang hasil ilegal menjadi aset yang sah melalui serangkaian transaksi kompleks. Dan masih banyak lagi yang dijelaskan di dalam pelatihan yang berfokus pada pencegahan dan pendeteksian Fraud ini.

Moderator Pelatihan Nur'aeni, dalam Sesi pembukaan mengatakan, pelatihan CPFI ini difasilitasi oleh ESAS Management.

Fraud adalah kecurangan yang melibatkan manipulasi data, pencurian aset, atau pelanggaran etika bisnis lainnya. Pelajari lebih lanjut di ESAS Management.
DOC. Pelatihan CPFI Batch 2

“ESAS Management yang dinaungi oleh PT ESAS edukasi Indonesia merupakan lembaga pendidikan, pelatihan dan sertifikasi untuk menciptakan alumni yang kompeten di bidangnya. Salahsatu implementasi nya adalah menawarkan produk knowledge dengan  memfasilitasi pelatihan kepada seluruh lapisan masyarakat Yang berminat di berbagai bidang. Diantaranya malam ini ESAS memfasilitasi Pelatihan mengenai Excellent Leadership Management ”.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Ia juga memaparkan benefit yang akan didapatkan setelah mengikuti pelatihan CPFI, diantaranya:

  1. Mendapatkan gelar non akademik CPFI
  2. Mendapatkan E-sertifikat pelatihan 
  3. Grup alumni CPFI, dan
  4. Grup bina alumni ESAS Management.

Ia berharap, setelah pelatihan ini terjadi peningkatan kualitas pemahaman dalam hal Pencegahna fraud.

Soripada Hitabarat sebagai salah satu peserta memberikan tanggapan mengenai pelatihan CPFI Selasa malam.

“ Pelatihan ini bagus sekali, menambah wawasan dan memperluas khazanah keilmuan saya, ternyata ada hal hal kecil yang selama ini Miss, satu yang menjadi catatan saya seperti untuk pengumpulan alat bukti, kita tidak bisa sembarangan atau dengan gegabah mengumpulkan alat bukti terutama yang berkaitan dengan transaksi , laporan pribadi, tenyata seseorang itu tidak bisa sembarangan kita publikasi ada hukum yang mengatur,sehingga melakukan  investigasi tidak lah menjadi bumerang bagi investigator, terimakasihh” kata soripada. Pelatihan ini merupakan salah satu pengimplementasian visi perusahaan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dari visi tersebutlah ESAS Management berupaya hadir menyediakan jasa edukasi di berbagai bidang.