Jakarta- 13 September 2023 ESAS management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Awareness Health Safety and Environtment (CAHSE).
Pelatihan Certified Awareness Health Safety and Environtment (CAHSE) tersebut diselenggarakan pada hari Rabu, 13 September 2023 pukul 19.00 s.d 22.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Awareness Health Safety and Environtment (CAHSE). Beliau adalah Bapak Yakin Ermanto, S.T. (Master Trainer ESAS Management, Praktisi & Trainer QHSE, Senior HSE Advisor LNG).


Dalam pemaparannya, Pak Yakin menjelaskan bahwa K3 memiliki beberapa jenis pendekatan, mulai dari pendekatan kemanusiaan yang menjelaskan bahwa K3 melindungi pekerja dan masyarakat, selain itu K3 merupakan bagian dari HAM. Dari segi pendekatan , K3 dapat mencegah kerugian dan meningkatkan produktivitas, adapun pendekatan filosofi, pendekatan keilmuan, dan pendekatan hukum yang menyatakan bahwa K3 merupakan ketentuan perundangan dan wajib untuk dilaksanakan. Pelanggaran terhadap K3 akan dapat dikenakan sangsi pidana.


“Tujuan adanya keselamatan kerja untuk memberikan perlindungan atas keselamatan tenaga kerja, orang lain, sumber-sumber produksi agar dapat dipakai secara aman dan efisien” jelas Pak Yakin.

Mengupayakan lingkungan kerja yang sehat dan aman adalah tugas kita semua, apa saja yang harus dipersiapkan? Ikuti pelatihan CAHSE (K3) di ESAS Management.
DOC. Pelatihan CAHSE Batch 3

Sasaran K3 terfokus untuk melindungi para pekerja dan orang lainnya di tempat kerja (formal maupun informal), menjamin setiap sumber produksi dipakai secara aman dan efisien, dan menjamin proses produksi berjalan lancar.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Kecelakaan kerja dapat menimbulkan dua kerugian, yaitu kerugian langsung  berupa penderitaan pribadi dan rasa kehilangan keluarga korban, dan kerugian tidak langsung berupa kerusakan material, hilangnya peralatan, dan berhentinya biaya akibat pemberhentian produksi. Kerugian tersebut juga dapat disebut sebagai teori gunung es, dimana kerugian yang timbul akibat adanya kecelakaan ada yang terlihat jelas, ada juga yang tidak terlihat.

Terdapat lima prinsip dasar pencegahan kecelakaan kerja, diantaranya yang pertama menemukan fakta/masalah dengan mengidentifikasi masalah, kedua melakukan analisis penilaian resiko, ketiga pemilihan/penetapan alternative, keempat pelaksanakan tindakan, dan kelima melakukan pengawasan sejauh mana pelaksanaan tidak menyimpang dari rencana.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Awareness Health Safety and Environtment (CAHSE) yaitu sebagai berikut:

  1. Merancang strategi pengendalian risiko di tempat kerja
  2. Merancang sistem tanggap darurat
  3. Melakukan komunikasi K3
  4. Mengawasi pelaksanaan izin kerja
  5. Melakukan pengukuran faktor bahaya di tempat kerja
  6. Mengelola sistem dokumentasi K3
  7. Menerapkan manajemen risiko K3
  8. Mengelola tindakan tanggap darurat
  9. Melakukan investigasi kecelakaan kerja

Diakhir acara para peserta dalam Certified Awareness Health Safety and Environtment (CAHSE) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.  


Menurut Salah satu peserta, yaitu Bapak Agus Setiawan pelatihan CAHSE pada malam hari ini memiliki ilmu yang luar biasa bermanfaat di dunia kerja dan memiliki materi yang menarik.