Jakarta, 17 September 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Organization Culture Management.

Pelatihan Sertifikasi Organization Culture Management tersebut diselenggarakan pada hari Minggu, 17 September 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri 9 peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Organization Culture Management. Beliau adalah Dr. Yuan Badrianto, S.Psi., M.M., M.Pd. (Master Trainer ESAS Management, Co-Founder dan Komisaris PT Orion Madani Globalindo, Fasilitator/Instuktur MSDM), dengan seorang moderator yaitu (moderator & Admin Customer Service ESAS Management).

Dalam pemaparannya, Pak Yuan Badrianto menjelaskan bahwa budaya organisasi memiliki cakupan yang luas ke semua bentuk organisasi termasuk kecil, perusahaan swasta, dan organisasi nirlaba demi mewujudkan visi misi perusahaan dan produktivitas.


Budaya Organisasimerupakan sebuah sistem kepercayaan dan sikap bersama yang berkembang dan dianut oleh sekelompok orang. Sistem kepercayaan dan sikap suatu organisasi ini yang akan membedakannya dengan kelompok atau organisasi lainnya.” ujar Pak Yuan.

Pelatihan MSDM terbaru yaitu Certified Organization Culture Management (COCM), membahas tentang budaya di tempat kerja.
DOC. Pelatihan COCM Batch

Budaya oganisasi akan menentukan bagaimana semua anggta melakukan pekerjaannya. Tidak hanya itu, budaya organisasi juga menentukan cara berinteraksi satu sama lain juga dengan dunia luar, khususnya dengan pelanggan, mitra, pemasok, media dan pemangku kepentingan. Budaya organisasi yang kuat juga memiliki kekuatan untuk mengubah karyawan menjadi pendukung serta dapat mejadi cerminan dari nilai inti organisasi.

Budaya organisasi merupakan sebuah konsep sebagai salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya. Budaya adalah suatu pola asumsi dasar yang diciptakan, ditemukan atau dikembangkan oleh kelompok tertentu sebagai pembelajaran untuk mengatasi masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal.

Siapa yang membentuk budaya organisasi dalam perusahaan? Peran Pemimpin dalam membentuk budaya perusahaan. Pemimpin memiliki kontribusi sebagai pencipta dan pembentuk budaya organisasi. Selain itu,pemimpin memiki visi dan misi, kemudian memberi contoh dan menyebarkannya yang kemudian diikuti oleh karyawannya.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

 
Menurut Salah satu peserta, yaitu Kak Hanky Febriandi pelatihan ini sangat bagus dan memberikan insight yang luar biasa. Menurut kak Hanky yang sudah menerapkan budaya organisasi di tempat beliau bekerja dengan mengikuti pelatihan ini mendapat ilmu secara toritis sehingga bisa menggali apa yang harus diperbaiki dalam menerapkan budaya organisasi di perusahaan.