Jakarta, 18 September 2023 Esas management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Inventory Management.

Pelatihan Sertifikasi Inventory Management tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 18 September 2023 pukul 20.00 s.d 22.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri 6 peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Inventory management. Beliau adalah Rizal Ardianto, S.T., M.T. (Master Trainer ESAS Management, Praktisi PPIC & Logistic lebih dari 15 tahun), dengan seorang moderator yaitu (moderator & Admin Customer Service ESAS Management).

Dalam pemaparannya, Rizal Ardianto menjelaskan bahwa Keilmuan ini tidak hanya bagi mereka yang bekerja dibidang inventory saja tetapi dimanapun keilmuan ini pasti dibutuhkan.

“Keilmuan mengenai inventory bisa diterapkan dimana saja karena tiap perusahaan memerlukan persediaan. Mulai dari perusahaan besar hingga Industri kecil menengah juga membutuhkan informasi mengenai inventory” ujar Rizal.

Pelatihan Certified Inventory Management (CIM) ESAS Management sukses menyelenggarakan Pelatihan Batch 4.
DOC. Pelatihan CIM Batch 4

Inventory management and Supply chain management adalah tulang punggung dari setiap operasi . Dengan berkembangnya dan ketersediaan perangkat lunak berbasis proses , inventory management telah mengalami perubahan revolusioner. Tujuan inventory management adalah untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan dampak biaya persediaan serendah mungkin.

Who's take responsibility? yang bertanggung jawab dalam inventory management adalah PPIC , inventory control staff , logistik, general affair, dan pejabat pengelola barang.
Apa saja jenis dari persediaan barang? Jenis – jenis inventory seperti bahan baku, barang jadi, Semi Finish Goods , Good in transit, Spare part & Consumable.
Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam inventory Management, yaitu sebagai berikut:
1. Inventory Performance
2. ABC Analysis
3. Fast Slow non Moving Analysis
4. Inventory Control System
– Fixed Quantity
– Fixed Time Order
– Re Order Point
– Bin System
– Optional Replenishment
– Vendor manage inventory
5. Safety Stock Analysis

Pelatihan sertifikasi inventory management juga memaparkan simulasi bagaimana caranya mengkategorikan persediaan barang yang dianggap biayanya mahal. Sehingga setelah mengetahui biaya dari barang tersebut maka kita akan mengetahui value /nilai dari barang tersebut.
Diakhir acara para peserta sertifikasi inventory management juga sangat mengapresiasi pelatihan ini.

Menurut Salah satu peserta, yaitu Kak Abram Suseno pelatihan ini sangat bagus untuk para pekerja khusunya bidang PPIC. Pemaparan simulasi juga memberikan pencerahan mengenai persediaan dan bisa diterapkan tidak hanya diperusahaan.