Jakarta, 21 September 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified  Governance Risk Compliance Specialist (CGRCS). Pelatihan Certified  Governance Risk Compliance Specialist (CGRCS) tersebut diselenggarakan pada hari Kami, 21 September 2023 pukul 19.00 s.d 23.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified  Governance Risk Compliance Specialist (CGRCS). Beliau adalah Bapak Aswin Sumarto, S.S, M.M, CBIA, CHCM, QRMO, CRA, CRMS (Risk Management & HSE PT. Angkasa Pura Kargo, Certified Risk Associate, Banking Internal Audit Level Auditor).


Dalam pemaparannya, Pak Aswin menjelaskan bahwa GRC atau Governance Risk Compliance mampu merealisasikan pencapaian tujuan yang handal, mengatasi ketidakpastian, dan berintegritas dalam bertindak. GRC juga dapat dikatakan sebagai suatu struktur pola hubungan dan suatu proses pengecekan dan perimbangan untuk mendapatkan hasil output berupa nilai tambah bagi organisasi yang meningkat terus menerus dalam jangka panjang sesuai visi dan tujuan organisasi.  “Fokus utama GCR adalah membangun pendekatan dan kerangka kerja kolaboratif di seluruh fungsi “ ucap Pak Aswin.

Mengenal GRC dan implementasinya di perusahaan, hanya di Pelatihan CGRCS ESAS Management.
Doc. Pelatihan CGRCS Batch 3

Risk Management dalam GRC tidak sekedar melakukan protecting value tetapi juga untuk creating value, sehingga dalam penerapannya pembahasan “Risk and Performance” harus senantiasa dilakukan secara simultan. Konsep GRC dipandang sebagai kumpulan semua kemampuan yang diperlukan untuk mendukung kinerja utama pada setiap tingkatan organisasi.

Apa kunci sukses dalam GCR? Kunci yang pertama yaitu dukungan dari pemimpin dan semua pemangku kepentingan, peran pemimpin sangat diperlukan untuk mendorong tercapainya tujuan organisasi sebagai bagian dari strategi manajemen untuk menerapkan model keunggulan GRC pada semua lini organisasi. Kunci selanjutnya berkaitan dengan pemetaan kondisi yang ada dalam batasan eksternal dan internal, Penetapan prioritas risiko utama dan target kinerja, dan kunci terakhir yaitu penentuan sasaran organisasi yang jelas.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Apa saja kemampuan yang diperlukan dalam GCR? Salah satunya yaitu menyelaraskan tujuan, strategi, kriteria, tindakan, dan kontrol kinerja, risiko, dan kepatuhan dengan konteks, budaya, dan persyaratan pemangku kepentingan. Otoritas pengatur organisasi harus memberikan arahan kepada manajemen sehingga kemampuan dirancang sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified  Governance Risk Compliance Specialist (CGRCS) yaitu sebagai berikut:

  1. Lingkup, definisi, dan strategi GRC
  2. Prinsip tata kelola perusahaan
  3. Prinsip kinerja berprinsip
  4. ISO 37000:2020 (Pedoman Tata Kelola)
  5. ISO 31000:2018 (Pedoman Manajemen Resiko)
  6. ISO 37301:2021 (Compiance Management System)
  7. GRC capability model – komponen dan elemen (Learn, Align, Perform & Review)

Diakhir acara para peserta dalam Certified  Governance Risk Compliance Specialist (CGRCS). juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   


Menurut Salah satu peserta, yaitu Bapak Mohamad Fajri Mekka Putra pelatihan CGRCS pada malam hari berjalan lancar dan bagus, bahan materi yang diberikan komprehensif, sudah sangat baik, lengkap, dan bagus.