Jakarta, 2 Oktober 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Tax Management (CTM). Pelatihan Certified Tax Management (CTM) tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 2 Oktober 2023 pukul 19.00 s.d 21.30 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Tax Management (CTM). Beliau adalah Bapak Aditya Hermawan, SE, Ak, MSA (Dosen Akuntansi, Praktisi Akuntansi, Independent Financial Advisor, Founder & Owner AKULABA.com).


Dalam pemaparannya, Pak Adit menjelaskan bahwa pajak didapat tidak dari satu sumber saja namun juga dari berbagai sumber, contohnya yaitu penghasilan individu dan perusahaan, konsumsi barang dan jasa (seperti Pajak Pertambahan Nilai/Value Added Tax), kepemilikan properti (seperti Pajak Bumi dan Bangunan), serta transaksi (seperti Pajak Transaksi ).

Jenis pajak ada apa saja? Terdapat pajak penghasilan orang pribadi, pajak penghasilan perusahaan, pajak pertambahan nilai, dan pajak bumi dan bangunan. Apa itu pajak penghasilan pribadi? Pajak Penghasilan pribadi tercatat pada Pasal 21 (PPH 21) yang merupakan jenis pajak penghasilan yang dikenakan atas penghasilan dalam bentuk gaji, upah, honorarium, premi, dan tunjangan lainnya yang diterima oleh pegawai atau penerima penghasilan lainnya dari pemberi kerja atau pemberi penghasilan. PPH 21 umumnya diatur dalam undang-undang perpajakan suatu negara dan merupakan salah satu sumber pendapatan bagi pemerintah.

Salah satu sumber pendapatan pemerintah yang penting untuk membiayai berbagai program dan layanan publik disebut dengan PPN atau Pajak Pertambahan Nilai. Konsep PPN yaitu PPN akan dikenakan pada setiap tahap transaksi penjualan baik itu barang dan jasa yang ada di dalam negeri. Setiap pelaku usaha yang terlibat dalam rantai produksi dan distribusi wajib untuk dikenakan PPN atas penjualannya kepada pelanggan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca
Sudah akhir tahun nih!!! Sudahkah anda mendapatkan surat cinta dari DITJEN Pajak? Sebaiknya jangan gegabah, ikuti pelatihan Certified Tax Management (CTM) hanya di ESAS Management.
Doc. Pelatihan CTM Batch 3

Dalam perpajakan ada yang dinamakan administrasi pajak, yaitu proses kegiatan yang dilakukan oleh otoritas pajak untuk mengelola dan mengawasi sistem perpajakan suatu negara. Tujuannya untuk memastikan bahwa pajak telah dikumpulkan dengan efisien, adil, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pajak pun harus direncanakan, perencanaan pajak dilakukan untuk merancang strategi yang legal dan efisien guna mengurangi beban pajak yang harus dibayar. Tujuannya untuk mengoptimalkan situasi dan menghindari pembayaran pajak berlebihan tanpa melanggar undang-undang perpajakan.

Dalam pelatihan CTM malam hari ini, Pak Adit tidah hanya menjelaskan teori saja namun juga mengajak para peserta untuk berpraktik dan menghitung bersama.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari Certified Tax Management (CTM)  yaitu sebagai berikut:

  1. Pengantar perpajakan
  2. Hukum pajak
  3. Pajak penghasilan orang pribadi
  4. Pajak penghasilan badan usaha
  5. Pajak pertambahan nilai (PPN)
  6. Pajak bumi dan bangunan
  7. Administrasi perpajakan
  8. Perencanaan pajak

Diakhir acara para peserta dalam Certified Tax Management (CTM)  juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   
Menurut Salah satu peserta, yaitu Bapak Danang Abu Nizham materi pelatihan CTM pada malam hari ini sangat bermanfaat dan membantu apalagi dalam dunia perpajakan dan dalam dunia kerja, terima kasih Pak Adit dan ESAS Management.