Jakarta, 05 Oktober 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME). Pelatihan Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME) tersebut diselenggarakan pada hari Kamis, 5 Oktober 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME). Beliau adalah Danis Wahyu, S.AB., M.A, CMT. (Master Trainer BNSP RI, Pendamping DKUM Kota Depok, Pendamping BNSP RI).


Dalam pemaparannya, Pak Danis menjelaskan bahwa adanya pendampingan dilakukan dengan upaya membantu, mengarahkan, dan mendukung dengan metode POAC, dimulai dengan perumusan masalah, merencanakan, melaksanakan, dan kemudian melakukan evaluasi dalam pengembangan usaha. “Prinsip kerja pendamping ialah menyediakan telinga yang mau mendengarkan dan memberikan senyuman bagi jiwa yang hampir putus asa“ ucap Pak Danis.

Seberapa pentingnya pendamping UMKM?
Doc. Pelatihan CCSME 4

Dalam pembelajaran mengenai pendamping , peran pendamping tidak hanya sebagai coach namun juga dapat sebagai mentor, konsultan, dan juga trainer. Coach merupakan seorang pembina yang membantu untuk memperluas kesadaran tentang masalah yang dihadapi serta mengidentifikasi hambatan yang menghalagi jalannya tujuan. Seorang mentor akan mengajar dan membagikan pengalaman sehingga anggota memiliki wawasan yang lebih dalam tentang masalah dan tantangan yang dihadapi.  Seorang konsultan akan memberi tahu apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan. Dan seorang trainer akan mengajar dan melatih peserta untuk mencapai sebuah keilmuan yang sedang dipelajari. (Simak lebih jelasnya di Pelatihan CCSME yang difasilitasi oleh ESAS Management)

Pendamping akan mendengarkan bagaimana kabar anggota, kabar usaha, kendala yang dihadapi oleh anggota, dan juga bagaimana potensi yang masi bisa dibangkitkan. Dari adanya cerita dan kabar dari anggota maka akan ditemukan evaluasi dan solusi kedepannya apa yang harus dilakukan dan yang tidak dilakukan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Dalam pelatihan Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME) malam hari ini, fasilitator tidak hanya menerangkan materi namun juga menjelaskan bagaimana praktek dan pengalaman yang terjadi di dunia kerja.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME)  yaitu sebagai berikut:

  1. Kriteria
  2. Peran Pendamping
  3. Identifikasi Permasalahan
  4. Analisis Kebutuhan Pendampingan
  5. Menyusun Rencana Pendampingan
  6. Melakukan Pendampingan Penerapan
  7. Manajemen Dasar Pengelolaan Usaha
  8. Membuat Perencanaan Usaha
  9. Strategi Pemasaran

10. Menyusun Laporan

Diakhir acara para peserta dalam Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   


Menurut Salah satu peserta, yaitu Pak Ari Wibowo menyatakan bahwa pelatihan CCSME malam hari ini telah menambah pengalaman terkait pelaksanaan pendamping di lapangan, mudah-mudahan ilmu yang didapat dapat diterapkan dan semoga dapat membantu dalam peningkatan .