Jakarta- 7 Oktober 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Editor Book (C.Ed). Pelatihan Certified Editor Book (C.Ed)  tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Editor Book (C.Ed). Beliau adalah Bapak Dr.(c) Billy Lazuardi, S.E., M.M. (Dosen, Editor, Penulis Buku, dan Master Trainer ESAS Management).


Dalam pemaparannya, Pak Billy menjelaskan bahwa esensi dari keberadaan editor ialah memperbaiki, mengatur, ataupun merevisi, naskah orang lain. Editor ada untuk dapat menyesuaikan tulisan dengan pola yang dibakukan agar dapat dibawa ke hadapan umum untuk diterbitkan. Seorang editor tidak hanya terus menerus duduk manis di depan meja sebagai penyunting, namun editor juga bertugas untuk mencari atau menemukan naskah buku yang sesuai dengan karakteristik tempat kerja penerbitan. “Menjadi seorang editor yang hebat dapat diraih melalui latihan, latihan, dan latihan” Ucap Pak Billy

Mau Menjadi Editor Namun Masih Takut? Simak Informasi Yang Harus Kamu Ketahui!
Doc. Pelatihan CED Batch 5

Terdapat solusi editing nih bagi pembaca yang sudah atau ingin menjadi editor, yaitu dengan melakukan unsur 3F. F pertama yaitu Format, mulai dari kesesuaian ukuran dan bentuk buku, orientasi buku apakah lebih baik portrait atau landscape, ukuran margin dan spasi juga penting untuk diperhatikan. F kedua yaitu Frame, yang dimaksud dalam hal ini ialah penggunaan ornamen, hiasan, atau bingkai yang mendukung estetika naskah atau buku. F ketiga yaitu Function, penentuan format, ukuran, dan bingkai hiasan buku juga ditentukan berdasarkan fungsi buku, contoh apabila buku seringkali dibawa berpergian maka buku perlu dirancang dengan format buku saku.

Apakah seorang editor memiliki kode etik? Tentu punya, Undang-undang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014 menyatakan bahwa editor harus menghormati ciptaan dan pencipta karya tulis yang sedang dieditnya. Kemudian Editor juga tidak boleh mengambil keuntungan dari karya cipta yang sedang dieditnya dengan menciptakan karya sejenis contoh seperti penjiplakan ide dan materi. Editor harus merahasiakan isi naskah yang sedang dieditnya dari kepentingan yang tidak ada hubungannya dengan proses pengolahan naskah. Editor tidak diperkenankan menghilangkan atau merusak bagian-bagian naskah sehingga merugikan penulis. (simak kelanjutannya hanya di pelatihan C.Ed  yang difasilitasi oleh ESAS Management)

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Terdapat langkah praktis dalam melakukan editing naskah, yaitu melakukan metode SEKSI – BU. S untuk Spasi, perhatikan spasi yang digunakan dalam penulisan naskah jangan menggunakan spasi ganda. E untuk Ejaan, jangan ada salah ketik karena dapat menimbulkan ambigu. K untuk Kata-Kalimat, perhatikan penulisan kata dan kalimat harus terstruktur dengan baik. S untuk Sumber Data, sumber data harus valid dan tertulis dalam daftar pustaka. I untuk ilustrasi, sumber wajib dicantumkan apabila terdapat gambar, tabel, maupun diagram. B untuk baca, naskah yang sudah diedit harus untuk dibaca kembali. Dan terakhir U untuk Ulangi baca, seorang editor perlu untuk memastikan, kalimat, maupun format yang sudah diedit.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari Certified Editor Book (C.Ed)  yaitu sebagai berikut:

  1. Esensi Editor
  2. Peran dan tanggung jawab editor
  3. Keterampilan dan pengetahuan editor
  4. Kepribadian editor
  5. Langkah praktis editing naskah
  6. Teknik dan tools sitasi-parafrasa

Diakhir acara para peserta dalam Certified Editor Book (C.Ed)  juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   
Menurut Salah satu peserta, yaitu Bapak Sidik E Lahagu, banyak hal yang didapatkan dari pelatihan malam hari ini, materi dan ilmu dari Pak Billy sangat mencerahkan pikiran, sehingga dapat membantu kedepannya.