Jakarta, 07 Oktober 2023 Para Sekretaris dari berbagai kota di Indonesia Mengikuti Sertifikasi Corporate Secretary Professional yang diselanggarakan ESAS Management.

Pelatihan Sertifikasi Corporate Secretary Professional (CCSP) tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 07 Oktober 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri 9 orang peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Archive Specialist. Beliau adalah Dra.Faridah, M.M., CTEM., C.DAS (Master Trainer ESAS Management, Dosen, Penulis dan Praktisi berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang Sekretaris), dengan seorang moderator yaitu (moderator & Customer Service ESAS Management).

Pelatihan Sekretaris Profesional masih menjadi pilihan utama bagi para Staff Administrasi perusahaan.
Doc. Pelatihan CCSP Batch 7

Dalam pemaparannya, Ibu Faridah menjelaskan bahwa sekretaris adalah seseorang yang membantu pimpinan atau perusahaan dalam menyelenggarakan tugas pekerjaan dan memiliki kedudukan yang lebih bertanggung jawab. Kesekretarisan merupakan keseluruhan rangkaian pengelolaan kegiatan perkantoran, terkait surat menyurat dan tugas lainnya dalam pencapaian tujuan perusahaan.


“Sekertaris berperan penting dalam mempermudah kegiatan manajerial perusahaan yaitu sebagai tangan kanan atau asisten pribadi pimpinan, sebagai pintu gerbang, sebagai HUMAS, sebagai pengelola informasi, sebagai pemelihara kondisi dan lingkungan kerja pimpinan.” Ujar Ibu Farida.

Seorang sekertaris bertanggung jawab atas diri sendiri dengan mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas diri. Sekertaris juga bertanggung jawab dalam membantu menciptakan lingkungan perusahaan yang positif bagi masyarakat perusahaan serta memperluas relasi perusahaan dan mengembangkan citra perusahaan.

Dalam menjalankan tugasnya sekertaris harus bertindak professional. Mengapa? Karena sekertaris berperan penting dalam penerapan berbagai aspek di perusahaan agar tercapai peningkatan citra perusahaan melalui pengeloaan komunikasi perusahaan dengan pihak eksternal dan internal.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Pelatihan Sekertaris professional juga memaparkan simulasi penjadwalan perencanaan kerja dan pembukuan kas. Simulasi ini diharapkan menunjang tugas seorang sekertaris dalam perusahaan.