Jakarta- 07 Oktober 2023 Esas management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Administrative Human Resources (CAHR).

Pelatihan Certified Administrative Human Resources (CAHR) tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 07 September 2023 pukul 19. 00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Administrative Human Resources (CAHR). Beliau adalah Ibu Rika Hijrina, S.Sos., CHCM (HRGA Manager Perusahaan Asing, Praktisi HR Lebih dari 15 Tahun).

Dalam pemaparannya, Ibu Rika menjelaskan bahwa Keilmuan ini tidak hanya bagi mereka yang bekerja dibidang Administrative Human Resources saja tetapi dimanapun keilmuan ini pasti dibutuhkan.  


“You Can't Spell Hero without HR” ujar ibu rika.

Bagimana proses penerimaan karyawan? Proses penerimaan karyawan diklasifikan menjadi dua, yaitu penerimaan karyawan berstatus PKWTT (Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu), dan penerimaan karyawan dengan status PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu).

Dalam administrasi terdapat perekrutan seleksi, apa definisi dari rekrutmen? Rekrutmen adalah proses pencarian kandidat calon pegawai yang akan menempati posisi tertentu, sampai didapatnya daftar kandidat yang akan dilakukan proses baik itu bersumber dari internal maupun eksternal. Dalam proses rekrutmen pegawai, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:  Kartu Tanda Penduduk (KTP), Transkrip Nilai, Surat Lamaran,  Pas foto 4×6 (1 lembar),  Curriculum Vitae (CV)  , sertifikat Pelatihan /  Seminar, dan Ijazah.

Scroll Untuk Lanjut Membaca
CAHR memasuki Batch ke-2 di bulan ini, peserta yang hadir sangat antusias.
Doc. Pelatihan CAHR Batch 2

Apa definisi proses seleksi? Proses Seleksi adalah tahapan untuk memilih kandidat dan memastikan kebutuhan kompetensi dapat dipenuhi oleh kandiat yang akan menduduki posisi yang dibutuhkan. Sifat pribadi, kandidat yang jujur, disiplin, dan memiliki inisiatif atau kreativitas tinggi juga dapat menjadi kualifikasi utama dalam seleksi karyawan. Sekali lagi, tergantung, posisi apa yang dibutuhkan dan pribadi seperti apa yang Anda perlukan untuk mengisi pekerjaan yang kosong ini.

Bagaimana tahapan dari proses seleksi? Tahapan dari proses seleksi yaitu Test Tertulis, Test Psikologi, Test praktik, Wawancara, dan Test .


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Fundamental Customer Service(CFCS), yaitu sebagai berikut:

  1.  Proses Administrasi Perekrutan Seleksi
  2. Program orientasi ataupun pelatihan awal karyawan
  3. Administrasi Dan laporan karyawan
  4. Proses administrative pemutusan hubungan  kerja karyawan

Diakhir acara para peserta Certified Administrative Human Resources (CAHR) juga sangat mengapresiasi pelatihan ini.  

Menurut Salah satu peserta, yaitu bapak I Gusti agung pelatihan ini sangat bagus untuk materi komprehensif dari administrasi, dengan pelatihan ini saya mendapat pengalaman dan ilmu baru, sehingga dapat membantu lebih baik kedepannya.