Jakarta- 8 Oktober 2023 Esas management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Designer Grafis (CDG). Pelatihan Certified Designer Grafis (CDG) tersebut diselenggarakan pada hari Minggu, 8 Oktober 2023 pukul 09.00 s.d 12.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Designer Grafis (CDG). Beliau adalah Bapak Irwan D. Rinaldi, S.T.P., M.M. (Dosen, Broadcaster, Video Editor, Asisten Produser, Sutradara di beberapa Stasiun TV Swasta).


Dalam pemaparannya, Pak Irwan menjelaskan bahwa didalam desain grafis, terdapat prinsip utama yang perlu diperhatikan. Di antaranya terdapat kesatuan, keseimbangan, proporsi, penekanan, irama, kesederhanaan, kejelasan, dan ruang. Kesatuan dalam desain grafis yaitu terkait kohesi, konsistensi, keutuhan, dan keselarasan yang ada dalam keseluruhan unsur design. Kemudian keseimbangan, seluruh unsur dalam desain harus dapat saling menyatu dan tentunya tetap memperhatikan setiap komposisinya masing-masing. Proporsi digunakan sebagai perbandingan antara satu bagian ke bagian lainnya. (simak kelanjutannya hanya di pelatihan CDG yang difasilitasi oleh ESAS Management)

Mau Jadi Designer Grafis tapi masih takut untuk memulai? Simak Artikel ini agar menambah wawasan menjadi seorang designer grafis!
Doc. Pelatihan CDG Batch 4

“Dalam proses perancangan sebuah media cetak kita perlu menerapkan beberapa prinsip desain grafis dan variasinya untuk mendapatkan komposisi yang tepat.” Ucap Pak Irwan

Terdapat perbedaan antara komunikasi verbal dengan komunikasi visual, Komunikasi visual terfokus kepada komunikasi melalui penglihatan, sehingga bentuk komunikasi ini merupakan penyampaian dengan menggunakan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indera penglihatan. Sedangkan untuk komunikasi Verbal terfokus kepada komunikasi yang disampaikan baik itu secara lisan, gambar, maupun tulisan. Contoh seperti menonton televisi, mengirim surat atau pesan, dan mendengarkan radio.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Dalam design grafis, terdapat Color Wheel atau Roda Warna yang merupakan teori dasar warna yang digambarkan dalam bentuk lingkaran, lingkaran ini terdiri dari tiga warna dasar, yaitu merah, biru, dan kuning atau dengan kata lain disebut dengan warna Primer. Pencampuran dari dua warna dasar dapat melahirkan warna baru yang disebut dengan warna sekunder. Sedangkan warna primer yang dicampur dengan warna sekunder akan menghasilkan warna tersier.

Visual Merchandiser juga termasuk kedalam bagian designer grafis loh! Visual Merchandiser ini memiliki tugas untuk merancang floor plan dan tentunya membuat bentuk rancangan tiga dimensi agar penjualan dapat lebih maksimal. Tujuannya adalah membuat layout, tampilan, dan bagaimana suasana dari toko dengan semenarik mungkin agar dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian. Utamanya visual merchandiser ini akan berperan dalam mendesain penataan letak furniture dan produk dalam toko.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari Certified Designer Grafis (CDG) yaitu sebagai berikut:

  1. Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain
  2. Menerapatkan Prinsip Dasar Komunikasi
  3. Menerapkan Design Brief
  4. Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain Grafis
  5. Menciptkan Karya Desain
  6. Mempresentasikan Karya Desain

Diakhir acara para peserta dalam Certified Designer Grafis (CDG)  juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   
Menurut Salah satu peserta, yaitu Bapak Hilman Yusra pelatihan CDG pada hari ini sangat bagus, pemaparannya luar biasa, praktik pun dilakukan sehingga dapat langsung dilakukan, diskusi pun menarik dan menambah wawasan, diharapkan saat pelatihan selesai kami dapat membuat design yang bagus dan hasil yang maksimal.