Jakarta, 9 Oktober 2023 Esas management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Supply Chain Management Professional (CSCMP). Pelatihan Certified Supply Chain Management Professional (CSCMP) tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 9 Oktober 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Supply Chain Management Professional (CSCMP). Beliau adalah Bapak Rizal Ardianto, S.T., M.T  (Master Trainer Esas Management, Praktisi PPIC & Logistic).


Dalam pemaparannya, Pak Rizal menjelaskan bahwa didalam supply chain management terdapat empat tipe dalam manufacturing, diantaranya ada Make to Stock (MTS), Make to Order (MTO), Configure to Order (CTO), dan Engineer to Order (ETO). Setiap tipe memiliki karakter yang berbeda-beda. Sebagai salah satu contohnya MTS memiliki karakteristik biaya produksi rendah dan dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan cepat. Sedangkan CTO memiliki karakteristik tingkat persediaan rendah, sederhana, dan perencanaanya lebih ter spesialisasi. Begitupun dengan MTO dan ETO memiliki karakteristiknya sendiri (Simak penjelasan tipe manufacturing lebih dalam di pelatihan CSCMP yang di fasilitasi oleh ESAS Management)

Mari kita terjun lebih dalam ke Supply Chain Management.
Doc. Pelatihan Batch 12

Apa saja supply chain goals? Goals pertama ialah asset productivity dengan mengelola asset perusahaan agar dapat mendorong produktivitas, goals kedua yaitu cost dengan mengeluarkan biaya seminimal mungkin dalam menyediakan produk, Goals ketiga adalah Agile/Flexibility dimana kita dapat beradaptasi dengan permintaan yang berubah, Responsivitas terkait dengan kecepatan pemenuhan permintaan dari ekspetasi competitor&pelanggan, terakhir ialah Reliability yang goalsnya yaitu untuk menyediakan produk sesuai dengan order yang sudah ada.

Adanya Supply and Demand dalam supply chain management digunakan untuk melakukan strategi kelebihan dan kekurangan beban. Apabila sedang terjadi Overload Capacity maka yang dapat dilakukan yaitu gunakan overtime atau extra shift, kemudian tambah karyawan atau mentransfer karyawan dari tempat lain, membagi dan menyebarkan lot ptoduksi, dan tawarkan diskon ke customer. Apabila sedang terjadi Underload Capacity  lakukan libur karyawan sementara, singkatkan waktu kerja yang sudah ada, gunakan waktu kosong yang ada untuk melakukan maintenance atau , dan kurangi supply dari subcontracting.

Scroll Untuk Lanjut Membaca


Ada banyak hal-hal yang dipelajari Certified Supply Chain Management Professional (CSCMP)  yaitu sebagai berikut:

  1. SCM and Introduction
  2. Manufacturing Type
  3. Supply Chain Challenge
  4. SCM Goals and Performance
  5. SCM Strategy Collab
  6. Supply and Demand
  7. Inventory Management
  8. Warehouse Distribution

Diakhir acara para peserta dalam Certified Supply Chain Management Professional (CSCMP)   juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   
Menurut Salah satu peserta, yaitu Kak Christin menyampaikan bahwa pelatihan Certified Supply Chain Management Professional (CSCMP) memberikan banyak ilmu yang bermanfaat terutama bagi saya yang baru fresh graduate.