Jakarta, 09 Oktober 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Professional Fraud Investigator (CPFI).

Pelatihan Certified Professional Fraud Investigator (CPFI) tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 09 September 2023 pukul 19. 00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Professional Fraud Investigator (CPFI). Beliau adalah Bapak Aditya Hermawan, S.E., Ak., M.S.A., C.PFM. (Dosen Akuntansi, Praktisi Akuntansi, Independent Financial  Advisor, Founder & Owner AKULABA.com).



Dalam pemaparannya, Bapak Adit menjelaskan bahwa Keilmuan ini tidak hanya bagi mereka yang bekerja dibidang Fraud Investigator saja tetapi dimanapun keilmuan ini pasti dibutuhkan.  


” Penyelidikan penipuan (fraud investigation) adalah proses mendalam yang

dilakukan oleh pihak yang berwenang atau profesional investigasi untuk

Scroll Untuk Lanjut Membaca

mengumpulkan bukti, menganalisis informasi, dan mengidentifikasi kegiatan penipuan yang merugikan suatu entitas atau individu. ” ujar bapak adit.

Kenali Skema Penipuan dan Kejahatan Online di Pelatihan Sertifikasi Professional Fraud Investigator (CPFI), hanya di ESAS Management.
Doc. Pelatihan CPFI Batch 3

Apa konsep  dasar fraud investigator? konsep  dasar fraud investigator yaitu Pengumpulan Informasi Awal, Analisis Awal, Pengumpulan Bukti, Wawancara, Pengumpulan Data , Analisis , Rekonstruksi Kejadian, Identifikasi Pelaku, Dokumentasi dan Pelaporan, Koordinasi dengan Pihak Berwenang, dan Tindakan Hukum dan Pencegahan.

Apa jenis-jenis fraud investigator? Penipuan (Penipuan Kartu Kredit, Penipuan Investasi, Pencucian Uang (Money Laundering), Penipuan Asuransi (Klaim Palsu, Penipuan Medis), Penipuan Identitas (Pencurian Identitas), Penipuan Online (Phishing, Scam Online, Ransomware), Penipuan (Penipuan Publik, Penipuan Perawatan ), Penipuan Pajak (Penghindaran Pajak, Penggelapan Pajak), Penipuan Korporasi (Penipuan Akuntansi, Penipuan Internal), Penipuan Konsumen (Penjualan Tidak Sah, Penipuan Kontes atau Hadiah), dan Penipuan Real Estat (Penjualan Properti Palsu, Penghindaran Hipotek).


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Professional Fraud Investigator (CPFI) yaitu sebagai berikut:

  1.  Proses Investigasi
  2. Bukti dan Forensik
  3. Inspeksi dan Pengendalian Internal
  4. Wawancara dan Interogasi
  5. Penanganan Kasus dan Tindak Lanjut

Diakhir acara para peserta Certified Professional Fraud Investigator (CPFI) juga sangat mengapresiasi pelatihan ini.  

Menurut Salah satu peserta, yaitu bapak Mohamad Fajri Mekka Putra mengatakan bahwa pelatihan ini banyak ilmu yang saya dapatkan, ada beberapa hal baru yang saya juga dapatkan, sehingga dapat membantu lebih baik kedepannya.