Jakarta- 10 Oktober 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Fundamental Customer Service (CFCS). Pelatihan Certified Fundamental Customer Service (CFCS) tersebut diselenggarakan pada hari Selasa, 10 Oktober 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Fundamental Customer Service (CFCS). Beliau adalah Ibu Desy Nurrohmah, S.Si., M.M. (Dosen & Praktisi Customer Service, Duta Penyiaran Jawa Barat).
Dalam pemaparannya, Bu Desy menjelaskan bahwa Customer Service memiliki peran-peran yang harus diperhatikan dan tidak bisa disepelekan. Meningkatkan kepuasan pelanggan adalah peran penting saat menjadi customer service, seorang CS juga harus dapat membangun citra yang positif terkait perusahaan mereka. Tantangan pelanggan pasti akan ada dalam menjalani pekerjaan ini, apabila ada pelanggan yang protes harus kita hadapi dengan tenang dan menerima masukan sebagai perbaikan produk dan layanan. (Simak penjelasan terkait fundamental customer service lebih dalam di pelatihan CFCS yang di fasilitasi oleh ESAS Management)

Mengenal apa itu Fundamental Customer Service.
Doc. Pelatihan CFCS Batch 14

“Seorang Customer Service harus dapat mengetahui produk perusahaan ” Ucap Bu Deasy

Terdapat budaya layanan yang disebut SMART dalam Fundamental Customer Service. Sigap merupakan budaya untuk dapat membantu customer yang kebingungan. Mudah, yang dimaksud ialah pelayanan yang mudah untuk dijangkau dengan cara menawarkan layanan e-channel dan e-banking kepada customer untuk memudahkan customer bertransaksi. Akurat, customer service harus dapat teliti dalam memproses transaksi. Ramah adalah hal yang penting dan sangat diperlukan oleh CS yaitu dengan selalu menyapa customer baik itu internal maupun external. Terampil dengan terus meningkatkan pengetahuan terkait produk dan terus belajar.

Apa saja yang perlu kita persiapkan dalam menyapa customer? Pertama yaitu berpakaian secara professional dan jangan lupa memberikan senyum dan bersikap ramah. Jangan lupa sampaikan salam dan sapa kepada customer dan memperkenalkan diri. Ajukan pertanyaan apa yang dibutuhkan customer dan CS harus dapat menunjukkan respond yang baik kepada customer. Setelah mendapatkan jawaban dari customer langsung tawarkan sesuai dengan yang dibutuhkan, tunjukkan produk perusahaan, sampaikan pesan secara jelas, cepat tanggap terhadap kebutuhan customer. Salah satu hal penting yang harus selalu diingat oleh customer service yaitu mengucapkan maaf & terima kasih.

Scroll Untuk Lanjut Membaca


Ada banyak hal-hal yang dipelajari Certified Fundamental Customer Service (CFCS)  yaitu sebagai berikut:

  1. Skill dasar customer service
  2. Greeting customer
  3. Data diri customer
  4. Product knowledge
  5. Handling complaint

Diakhir acara para peserta dalam Certified Fundamental Customer Service (CFCS)   juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   
Menurut Salah satu peserta, yaitu Ibu Nefertari Linda materi Certified Fundamental Customer Service (CFCS) yang disampaikan pada malam hari ini sangat relate dengan realitas dan yang dialami di dunia kerja, sehingga seluruh ilmu dan solusi yang diberikan dapat masuk dan diterapkan secara langsung.