Jakarta, 13 Oktober 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Self Hypnotherapy (CSHt). Pelatihan Certified Self Hypnotherapy (CSHt) tersebut diselenggarakan pada hari Jumat, 13 Oktober 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang  Certified Self Hypnotherapy (CSHt). Beliau adalah Muh. Razak, CHt., CI. (Master Trainer Esas Management, Praktisi dan Instruktur Hypnotherapy).


Dalam pemaparannya, Coach Razak menjelaskan bahwa dalam keilmuan Hypnotherapy, manusia memiliki gelombang otak yang terbagi menjadi Beta, Alfa, dan Theta. Beta merupakan gelombang otak disaat manusia sedang mengalami kesadaran penuh, kemudian Alfa merupakan gelombang otak disaat manusia sedang mengalami keadaan yang rileks, dan terakhir Theta merupakan gelombang otak dimana manusia sedang berada di tahap sangat rileks. “Keilmuan Hipnosis itu menarik karena ilmunya dapat digunakan dalam segala lini dan tujuan, juga keilmuannya bersifat jangka panjang dan mengikuti perkembangan zaman“ Jelas Coach Razak.

Masih suka overthinking dan merasa tidak tenang? Yuk kita lakukan Self Hypnotherapy!
Doc. Pelatihan CSHt Batch 3

Dalam pembelajaran mengenai Self Hypnotherapy, terdapat tahapan yang harus dilakukan. Tahapan pertama yaitu melakukan conditioning dimana kita mengkondisikan diri kita untuk selalu siap melakukan self hipmoterapi dan nantinya akan dilanjutkan dengan self rilekstation. Selanjutnya kita akan melakukan tahapan Age Regression dimana kita mulai berada pada gelombang otak Alfa dan lebih baik lagi apabila berada di gelombang otak Theta, karena kita akan melakukan dan mengalami perjalanan masa lalu (flashback). Tahapan ketiga ialah Self Therapy dimana kita sudah mulai mengetahui sebab atau akar permasalahan yang dimiliki kemudian kita harus mencoba berdamai dengan hal tersebut.

Terakhir melakukan Terminasi yaitu pengakhiran dari tahap self hypnotherapy dimana kita mengucapkan terima kasih kepada luka, atau menerima keadaan dari apa yang sudah terjadi dan memberikan sugesti kalimat untuk menguatkan diri, contoh seperti mengatakan “Saat ini, aku mengucapkan terima kasih kepada diriku yang terluka telah hadir selama proses ini. Kamu adalah bagian yang berharga dari diriku yang telah memberikan wawasan dan kesempatan untuk pertumbuhan dan penyembuhan.” (Simak lebih jelasnya di Pelatihan CSHt yang difasilitasi oleh ESAS Management)

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Untuk melakukan self hypnotherapy  temukanlah tempat yang tenang dan nyaman agar lebih mudah untuk berkonsentrasi, tutup mata dan tarik nafas dalam bayangkanlah lingkaran indah didepan kita, mengingat momen ketika kita merasa percaya diri dan kuat, bayangkan diri kita berada pada momen indah yang membawa perasaan positif, boleh juga membawa inner child yang terluka dan biarkan mereka merasakan kehangatan dan kekuatan yang ada di dalamnya.

Dalam Certified Self Hypnotherapy (CSHt) malam hari ini, fasilitator tidak hanya menerangkan materi namun juga membuka diskusi dan berbagi pengalaman bagi peserta agar peserta dapat melakukan self hypnotherapy dan merasakan damai.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Self Hypnotherapy (CSHt)  yaitu sebagai berikut:

  1. Hypnosis dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
  2. Gelombang otak beserta fungsinya
  3. Cara conditioning diri sendiri untuk mencapai trance
  4. Self hypnosis untuk penyembuhan luka batin
  5. Self hypnosis untuk kebutuhan setting goal

Diakhir acara para peserta dalam Certified Self Hypnotherapy (CSHt) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   
Menurut Salah satu peserta, yaitu Kak Mutiara Roza materinya menarik dan menambah wawasan terkait hypnotherapy, semoga apa yang sudah dijelaskan dapat dioptimalkan dan diaplikasikan di dunia kerja.