Jakarta, 14 Oktober 2023 Esas management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Data Entry Specialist (CDES).

Pelatihan Sertifikasi Certified Data Entry Specialist (CDES) tersebut diselenggarakan pada hari sabtu , 14 Oktober 2023 pukul 13.00 s.d 15.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Data Entry Specialist (CDES). Beliau adalah Tomy Darmawan, S.Kom. (Master Trainer ESAS Management, Dosen dan Paktisi IT).

Dalam pemaparannya, Tomy Darmawan menjelaskan bahwa “Untuk menjadi Data Entry harus memiliki 4 skill yang perlu dikuasai, pertama ketelitian karena dengan teliti kita tidak akan mendapatkan suatu kesalahan. Kedua, komunikasi dengan adanya komunikasi yang baik tidak akan menimbulkan miskomunikasi antara satu dan yang lainnya. Ketiga, mengetik cepat dengan gerakan mengetik cepat ini sangat dibutuhkan untuk seorang Data Entry karena biasanya orang yang bekerja sebagai data entry perlu memberikan hasil pendataan dengan cepat dan tepat. Keempat, mengoperasikan seperti Microsoft excel dimana program ini sebagai pengolah angka dan data yang paling banyak digunakan ” ujar bapak Tomy.

Skill apa saja sih yang harus dimiliki oleh seorang Data Entry? Mari Simak jawabannya …
Doc. Pelatihan CDES Batch 11

Data Entry merupakan sebuah pekerjaan dengan bertugas memasukkan data atau memperbaharui data atau informasi ke layanan elektronik atau database. Data Entry banyak dipakai di berbagai industry seperti , transportasi, , ritel, dan lainnya.

 Proses data entry tidaklah mudah perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya. Namun, dengan adanya Data Entry ini dapat dijadikan solusi untuk mempercepat pekerjaan yang dibutuhkan seperti dalam mengsortir dan filter data, input data, memeriksa dan memperbaiki data.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Data Entry Specialist (CDES), yaitu sebagai berikut:

  1. Mengetahui Data Entry  dalam berbagai
  2. Ruang Lingkup Data Entry
  3. Skill yang harus dimiliki Data Entry
  4. Skill komunikasi
  5. Editing PDF Tools
  6. Voice to text Tools
  7. Picture to text Tools

Diakhir acara peserta sertifikasi Certified Data Entry Specialist (CPSS) juga sangat memperhatikan dalam pelatihan ini. Peserta pelatihan mampu mengerjakan tugas yang diberikan oleh fasilitator dengan waktu yang singkat dengan penuh antusias dari audient.

Menurut Kak Aditia mengatakan bahwa dengan mempelajari berbagai macam cara untuk menjadi seorang data Entry ini sudah terjawab dengan jelas atas materi yang disampaikan oleh Bapak Tomy Darmawan dalam pelatihan CDES ini.

Scroll Untuk Lanjut Membaca