Jakarta, 18 Oktober 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Excellent Account Executive (CEAE).

Pelatihan Certified Excellent Account Executive (CEAE). Sertifikasi tersebut diselenggarakan pada hari Rabu, 18 oktober 2023 pukul 19. 00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Public Speaking Specialist (CPSS). Beliau adalah Quliah Alfendah S.Tr.Ftr., M.M. (Trainer ESAS Management, Certified Speakerpreneur, Independent Sales Marketing).

Account Executive merupakan seseorang yang bertugas dalam peran penjualan (sales) yaitu mempertahankan, memperluas akun (klien) yanag ada dan mencari akun yang baru.
Ms.Ully mengatakan bahwa “Account Executive ini memiliki banyak dibutuhkan untuk bekerja di Perusahaan media. Seperti, Account Executive akan bekerja di agensi, Perusahaan perikanan dan PR (Public Relation)”

Jenjang karir Account Executive ini biasanya dibagi tergantung dengan pengalaman yang kita miliki. Ada yanh dimulai dari Junior Account Executive, lalu naik menjadi Senior Account Executive, dan menaik pada level tinngi yaitu Account Manajer.

Lalu apasih yang menjadi ditakutkannya untuk Account Executive bekerja di bidang PR atau orang sering bilang dengan sebutan “Public Relation” ???

Banyak yang ditakutkan oleh seseorang ketika menjadi Public Speaking, yang dikarenakan takut bicara di depan umum. Diantaranya :

Scroll Untuk Lanjut Membaca
  • Gak Goodlooking
  • Takut Salah
  • Gak Pede
  • Suka Lupa
  • Takut Diledekin
  • Overthinking, dan lain sebagainya
Apa saja sih Peluang Karir Account Executive …
Doc. Pelatihan CEAE Batch 1

Padahal menjadi PR (Public Speaking) ini bukan hanya menjadi seseorang yang dikenal hanya ketika kita sedang memberikan pidato depan umum, atau seperti motivator, namun “Public Speaking Is Eveywhere”. Ketika kita sedang memberikan informasi kepada orang yang ada di lingkungan kita pun itu kita adalah PR (Publik Speaking), membujuk sesama, menghibur satu sama lain itu adalah seorang PR (Publik Speaking).

Menjadi PR pun perlu yang Namanya Strategi untuk menarik perhatian audiens, seperti memberikan materi (7%), Teknik vocal (38%), Bahasa tubuh (55%).

Ms Ully juga menjelakan mengenai prinsip dalam melakukan penjualan dengan sebutan AIDA, yaitu :

  • Attention = Menarik Perhatian
  • Interesting = Membangun minat terhadap penawaran
  • Desire = Membangun keinginan memiliki produk
  • Action = Aksi Transaksi

Banyak pengetahuan yang diberikan oleh Ibu Quliah Alfendah, S.Tr.,Ftr., M.M pada pelatihan CEAE ini, yaitu :

  1. Masalah yang dihadapi Account Executive
  2. Tugas Account Executive
  3. Peluang Karir Account Excecutive
  4. Jenjang Karir Account Executive
  5. Public Speaking
  6. Manfaat Presentasi dalam penjualan
  7. Teknik Presentasi Penjualan
  8. Presentasi dengan Alat Peraga
  9. Teknik Closing
  10. Langkah dan Membangun Keakraban dengan Pelanggan
  11. Grooming For Account Executive

Dan diakhir pelatihan peserta pelatihan CEAE memberikan tanggapan  bahwa dengan pembahasan yang disampaikan oleh Ms.Ully membantu saya untuk bagaimana Langkah menjadi Account Executive dari awal, hingga memberi tau persoalan mengenai Grooming for Account Executive. Sehingga wawasan tentang Excellent Account Executive ini dapat saya pelajari”.