Jakarta, 20 Oktober 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Islamic Financial  Advisor (CIFA).

Pelatihan Certified Islamic Financial  Advisor (CIFA) tersebut diselenggarakan pada hari Jumat, 20 Oktober 2023 pukul 19. 00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Islamic Financial  Advisor (CIFA). Beliau adalah Bapak Ade Mirza Mustaqim, AWP., CIFA (Associate Wealth Planner, Registered Islamic Financial Planner).

Dalam pemaparannya, Bapak Ade menjelaskan bahwa konsep perencanaan keluarga Islami terdapat pada Q.S Al-Hasyr : 18, Q.S Yusuf ayat 47-49.

“Pendekatan perencana syariah melalui Al-Quran, kebutuhan dan darurat adalah sebesar 12×  kebutuhan bulanan.

Jenis jenis perencanaan ada dua yaitu perencanaan independent dan perencanaan terikat. Perencanaan independent  adalah perencanaan independen Yang tidak terikat pada satu perusahaan, menawarkan Jasa Konsultasi, Pembuatan Bookplan, dll. Sedangkan perencanaan terikat adalah perencanaan yang terikat pada satu perusahaan seperti  Perbankan, Assuransi, Sekuritas, dll.

Ingin tahu Islamic Financial Advisor itu apa? Yuk ikuti Pelatihannya di ESAS Management.
Doc. Pelatihan CIFA Batch 5

Mazhab perencana terbagi menjadi 3 yaitu Mazhab mainstream (yaitu mazhab yang hanya mengganti Produk Konvensional menjadi Produk Syariah, Mazhab 1/3 (Mazhab yg membagi Kebutuhan menjadi 3 bagian), dan Mazhab gabungan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Teori tahap perencanaan yaitu menilai situasi , identifikasi tujuan-tujuan, mendesain rencana , melaksanakan rencana yang disusun, dan review, aadjustment & replanning.

Rumus cashflow yaitu 1. 10% tabungan; 2. 20% gaya hidup; 3. 30% angsuran; 4. 40% biaya hidup.

Tips bisa menabung yaitu menabung diawal, rekening terpisah, tentukan tujuan, jangan sepelekan kembalian.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Islamic Financial  Advisor (CIFA) yaitu sebagai berikut:

  1.  Financial checkup
  2. Mencatat pengeluaran
  3. Cek kekayaan
  4. Jenis jenis  investasi
  5. Mengelola Impian

Diakhir acara para peserta Certified Islamic Financial  Advisor (CIFA) juga sangat mengapresiasi pelatihan ini.  

Menurut Salah satu peserta, yaitu bapak parwis  mengatakan bahwa materinya bagus sehingga saya dapat memahami materi yang telah disampaikan, sehingga dapat membantu lebih baik kedepannya, dan jika memungkinkan waktu pelatihan bisa tambah.