Jakarta- 11 November 2023 ESAS management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai  Microsoft Excel Practitioner (MEP). Pelatihan   Microsoft Excel Practitioner (MEP) tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 11 November 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang   Microsoft Excel Practitioner (MEP). Beliau adalah Tomy Darmawan, S.Kom.  (Dosen & Praktisi IT, Master Trainer ESAS Management).


Pada awal pelatihan, Pak Tomy menjelaskan terkait dengan tools yang ada pada Microsoft excel yang kemudian mulai melakukan praktik untuk mengerjakan tabel daftar hadir dengan efisien dan cepat. Tabel yang diajarkan oleh Pak Tomy pun tidak hanya tabel dasar, namun Pak Tomy juga melatih untuk membuat tabel yang nyaman dan mudah untuk dilihat. Setelah itu tabel daftar hadir tidak hanya berisikan nama dan tanda tangan saja, namun ada alamat juga kontak email dan nomor telepon. Pembuatan tabel dilakukan dengan shortcut yang mempermudah pengerjaan seperti menggunakan alignment dan tools lainnya.

Tidak hanya itu, namun Pak Tomy juga mengajarkan materi untuk membuat laporan penggajian karyawan yang dengan mudah loh. Database akan dibuat dengan menggunakan name box. Adapun rumus-rumus lain yang dimasukkan ke dalam tabel laporan penggajian karyawan untuk mempermudah dan mengurangi kesalahan pengetikan terjadi.  Apakah hanya sampai disitu untuk pembelajaran Microsoft excel? Tidak dong! Pak Tomy juga mengajarkan rumus IF, baik itu IF Tunggal maupun IF Majemuk yang sangat bermanfaat untuk melakukan penilaian.

Ada rumus IF yang lainnya loh! Yaitu Rumus IF bertingkat. Rumus ini biasa digunakan untuk membuat perbandingan logis dan memberikan hasil berdasarkan kondisi yang diuji. Salah satu contoh praktik yang diajarkan Pak Tomy untuk IF bertingkat ialah membuat tabel ranking mahasiswa beserta dengan ipknya. Pembuatannya tidak menggunakan cara manual atau diketik, namun langsung otomatis menggunakan rumus IF sehingga kita tidak perlu lagi repot untuk mengetik secara satu per satu terutama apabila jumlah yang ingin dibuat banyak. (Simak rumus excel yang bermanfaat dalam kehidupan sehari hari hanya di pelatihan Microsoft Excel Practitioner yang di fasilitasi oleh ESAS Management)

Scroll Untuk Lanjut Membaca
Masih Sulit belajar Excel? Mau Mempelajari Excel Lebih Detail Lagi? Yuk ikuti pelatihan Microsoft Excel Practitioner di ESAS Management!
Doc. Pelatihan MEP Batch 4

Selanjutnya Pak Tomy mengajarkan fungsi pembacaan karakter dalam cell, baik itu dalam sebuah kata maupun  digit kode barang. Pembacaan karakter dalam sel Excel memberikan fleksibilitas dan memungkinkan analisis yang lebih mendalam terhadap data teks yang ada. Pak Tomy mempraktikannya dengan membuat tabel daftar kode pengiriman barang dari suatu perusahan.  Fasilitator juga menjelaskan terkait dengan rumus Look Up yang terbagi menjadi dua, lookup vertical atau VLOOKUP dan lookup horizontal atau HLOOKUP. Rumus tersebut sangatn membantu untuk mencari data dalam daftar atau tabel besar dan mendapatkan nilai terkait. Pak Tomy memberikan contoh penggunaan Lookup dengan membuat daftar Tamu di hotel. Terakhir dijelaskan juga terkait dengan sort dan filter, tujuannya untuk memungkinkan pengguna mengorganisir dan menganalisis data mereka dengan lebih efektif.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Microsoft Excel Practitioner (MEP)  yaitu sebagai berikut:

  1. Pengenalan Microsoft Excel
  2. Membuat Desain Tabel
  3. Praktek Formula Matematika
  4. Analisa data dengan Sum Max Min Average
  5. Fungsi pembacaan karakter dalam cell
  6. Fungsi IF
  7. Fungsi Vlookup dan Hlookup
  8. Analisa data dengan filter dan sort
  9. Analisa data dengan Pivot table dan chart

Diakhir acara para peserta Microsoft Excel Practitioner (MEP) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   


Menurut Salah satu peserta, yaitu kak Elisa Aprilia, pelatihan Microsoft Excel Practitioner pagi hari ini materinya lengkap, saya merasa puas, dan penjelasan dari Pak Tomy mudah untuk dimengerti.