Jakarta- 11 November 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Human Resources Management Professional (CHRMP). Pelatihan Certified Human Resources Management Professional (CHRMP) tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 11 November 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang  Certified Human Resources Management Professional (CHRMP). Beliau adalah Dr. (c) Billy Lazuardi S.E, M.M  (Dosen, Editor, Penulis Buku, Master Trainer ESAS Management)


Pada awal pelatihan, Pak Billy menjelaskan terlebih dahulu apa saja sebenarnya Tujuan menjadi seorang Human Resources Management, tentu secara umum HRM merupakan salah satu cara untuk mengatur suatu sumber daya atau tenaga kerja di suatu perusahaan. Namun dalam pelatihan ini Pak Billy menjelaskan secara spesifik tujuan HRM dari segi sosial, pribadi, organisasi, dan fungsional. Tujuan-tujuan ini mencerminkan upaya organisasi untuk mencapai keseimbangan yang komprehensif dalam berbagai aspek.

“Selling is process, tanpa sales sama dengan nol” Ucap Pak Billy

Salah satu fungsi operasi Manajemen Sumber Daya ialah melakukan pengembangan, dengan cara apa saja? Pengembangan karir, menurut Schuler, melibatkan identifikasi kebutuhan individu, kemampuan, tujuan, tuntutan organisasi, dan penghargaan pekerjaan, diimplementasikan melalui program pengembangan karir yang disesuaikan. Pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan fungsi kunci dalam manajemen sumber daya manusia, memastikan keterampilan terus berkembang dan membiasakan proses pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan kerja. Pak Billy menjelaskan ada dua metode pelatihan utama, yaitu on the job dan off the job . Metode on the job melibatkan rotasi pekerjaan, pembinaan, instruksi pekerjaan, penugasan komite, magang, sementara metode off the job melibatkan ceramah kelas, pelatihan audio visual, simulasi, studi kasus, bermain peran, dan instruksi terprogram.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Seorang HRM juga melakukan sebuah integrasi dengan melakukan hubungan industrial loh! Hubungan industrial adalah suatu proses manajemen yang melibatkan serikat pekerja dengan tujuan perundingan dan pengelolaan perjanjian kerja. Menjaga hubungan yang baik dalam konteks ini menjadi kegiatan inti Manajemen Sumber Daya Manusia untuk mencegah konflik industrial. Penyebab perselisihan dapat dikelompokkan menjadi dua kategori utama: dan non-. Penyebab melibatkan masalah kompensasi seperti upah, bonus, tunjangan, dan kondisi kerja, sementara faktor non- mencakup viktimisasi pekerja, perlakuan buruk, pemogokan simpatik, faktor politik, dan ketidakdisiplinan. (Penasaran dengan penjelasan lebih dalamnya? Ayo ikuti Pelatihan Certified  Human Resources Management Professional yang difasilitasi oleh ESAS Management)

Mari kita lakukan pengembangan diri sebagai Human Resources Management Professional dalam pelatihan bersama ESAS Management!
Doc. Pelatihan CHRMP Batch 6

Dalam pelatihannya, Pak Billy tidak hanya menjelaskan materi dengan teori saja namun juga melakukan diskusi bersama para peserta yang ingin bertanya dan berbagi pengalaman terkait dengan pengalaman dan apa masalah yang dihadapi.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari Certified Human Resources Management Professional (CHRMP) yaitu sebagai berikut:

  1. Konsep Dasar Human Resources Management Professional
  2. Kompetensi Human Resources Management Professional
  3. Strategi Pengembangan Human Resources Management Professional
  4. Pengelolaan Perubahan dan Transformasi Organisasi
  5. Etika dan Kepatuhan dalam Human Resources Management Professional
  6. Pengukuran dan Evaluasi Efektivitas Human Resources Management Professional
  7. Pengembangan Diri sebagai Human Resources Management Professional

Diakhir acara para peserta Certified Human Resources Management Professional (CHRMP)   juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   


Menurut Salah satu peserta, yaitu kak Muhamad Rifqi Ramadhan pelatihan CHRMP pada mala mini memiliki materi yang lengkap dan saya senang dan puas dengan pelatihannya karena dapat belajar banyak hal baru.