Jakarta- 12 November 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Corporate Strategy Management (CCSM). Pelatihan Certified Corporate Strategy Management (CCSM) tersebut diselenggarakan pada hari Minggu, 12 November 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang  Certified Corporate Strategy Management (CCSM). Beliau adalah Fauzan Daffa, S.T., CCSM., CTEM. (Project Planner, Praktisi Industri, Public Speaker Professional)


Pada awal pelatihan, Pak Fauzan menjelaskan bahwa Strategi korporasi mencakup semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan serta tujuan yang ingin dicapai dari - tersebut. Dalam merancang strategi korporasi, penting untuk mengklarifikasi beberapa unsur kunci. Visi perusahaan sebagai panduan, tujuan spesifik seperti pertumbuhan pendapatan, alokasi sumber daya, dan penetapan prioritas tindakan adalah elemen-elemen krusial. Dengan memahami dan merinci setiap elemen ini, perusahaan dapat mengembangkan dan melaksanakan strategi korporasi dengan lebih efektif.

“Selling is process, tanpa sales sama dengan nol” Ucap Pak Fauzan

Pak Fauzan juga menjelaskan bahwa Strategi yang konsisten diperlukan untuk membawa keseluruhan organisasi ke dalam koherensi. Ketidaksesuaian strategi dapat muncul karena kompromi antar departemen. Manajemen senior harus dapat memberikan tujuan dan strategi yang jelas agar setiap departemen bisa bekerja bersama mencapai tujuan yang sama. Apa saja tanda-tanda ketidaksesuaian strategi atau strategi dinyatakan tidak konsisten? Diantaranya masalah koordinasi saat ada perubahan personil, kesuksesan satu departemen yang berarti kegagalan departemen lain, dan permintaan terus-menerus kepada manajemen senior untuk menangani masalah kebijakan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Setiap pengusaha tentu berkeinginan agar penjualan perusahaannya terus tumbuh. Maka dari itu diperlukan strategi khusus untuk dapat meningkatkan penjualan menghasilkan pendapatan yang signifikan. Selain memberikan penawaran menarik kepada konsumen seperti diskon atau hadiah, terdapat langkah-langkah tambahan yang perlu diperhatikan oleh pemilik untuk meningkatkan penjualan baik secara online maupun offline. Beberapa strategi yang dapat diimplementasikan untuk mengembangkan melibatkan peningkatan kekuatan merek, perluasan target pasar, peningkatan kualitas produk, penyediaan promo menarik, pemeliharaan kepuasan pelanggan, optimalisasi media pemasaran, pemberian garansi produk, serta penerapan strategi bundling. (Penasaran dengan langkah membangun strategi lebih dalam? Mari ikuti Pelatihan Certified Corporate Strategy Management  hanya di ESAS Management)

Masih Bingung Cara untuk Membangun Strategi Bisnis? Mari Belajar Bersama di Pelatihan Corporate Strategy Management Hanya Bersama ESAS Management!
Doc. CCSM Batch 2

Dalam pelatihannya, Pak Fauzan tidak hanya menjelaskan materi dengan teori saja namun juga melakukan diskusi bersama para peserta yang ingin bertanya dan berbagi pengalaman terkait dengan pengalaman dan apa masalah yang dihadapi.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari Certified Corporate Strategy Management (CCSM)  yaitu sebagai berikut:

  1. Definisi dan Komponen Strategi Korporasi
  2. Faktor Terciptanya Strategi Korporasi
  3. Tugas Perencana Strategi Korporasi
  4. Proses & Evaluasi Manajemen Strategi
  5. Implikasi Strategi Korporasi
  6. Jenis dan Contoh Strategi Korporasi
  7. Langkah Membangun Tim yang Solid
  8. Langkah Membangun Strategi
  9. Matrix Manajemen Strategi

Diakhir acara para peserta Certified Corporate Strategy Management (CCSM)   juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   


Menurut Salah satu peserta, yaitu kak Afif Safrudin, materi yang dijelaskan mala mini luar biasa dan menambah wawasan terkait Strategy Management. Semoga bisa bermanfaat dan dapat dipraktikan. Terima kasih Pak Fauzan dan ESAS Management.