Jakarta- 23-24 November 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Public Speaking Specialist (CPSS).

Pelatihan Sertifikasi Certified Public Speaking Specialist (CPSS) tersebut diselenggarakan pada hari Jumat dan Sabtu, 23-24 November 2023 pukul 19. 00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Public Speaking Specialist (CPSS). Beliau adalah Chepy Nuhdian, S.S., CMT (Master Trainer ESAS Management, MC & Public Speaker Profesional).

Ada 7 Cara yang bisa membuat audience tertarik dengan kita saat kita berbicara di atas panggung:

  1. Tindakan kita harus selaras dengan apa yang kita uc apkan

             “Do what you say, say what you do” → komitmen

  1. Jadi pendengar yang baik
  2. Bicara dengan maksud dan tujuan yang jelas
  3. Ucapkan maaf, tolong, dan terima kasih
  4. Sesuaikan gaya bicara kita dengan lawan bicara
  5. Bicara perlahan agar lawan bicara paham
  6. Body Manner, berikan respon, anggukan, senyum
Mau tahu cara berbicara yang membuat orang tertarik dengan kita? Yuk belajar Bersama di pelatihan Certified Publik Speaking Spesialist Bersama Esas Management.
Doc. Pelatihan CPSS Batch 14

Apa saja tujuan dan fungsi dari public speaking ? Tujuan dan fungsi public speaking adalah menyampaikan informasi, menghibur audiens, mempengaruhi audiens, menambah pengetahuan, memperbaiki hubungan, memahami permasalahan dan menyampaikan masalah.

Coach Cevy juga menyampaikan beberapa Tips and Tricks sebagai seorang publik speaking yaitu:

Scroll Untuk Lanjut Membaca
  • Smile, smile and smile
  • Jangan dibuat-buat, sesuaikan ekspresi kita   dengan apa yang kita katakan
  • Jangan memperlihatkan ekspresi yang menurunkan kredibilitas Anda

Disaat kita gugup atau lupa denga napa yang akan kita sampaikan di depan umum atau biasa orang katakan adalah demam panggung, coach cevy mengatakan jika kita terjebak hal itu maka kita diharuskan untuk bisa menenangkan diri kita dengan cara tarik nafas sebanyak 3 kali lalu menggerakkan kedua tangan kita, dan tersenyum, setelah itu bisa untuk memulai berbicara di hadapan audiens.

Peserta pelatihan CPSS batch 14 ini super aktif dan semangat, dan kebanykan adalah seorang pengajar di pesantren, yang dimana mereka sangat tepat mengikuti pelatihan ini untuk menambah skill public speaking mereka ketika sedang mengajar atau menyampaikan informasi di hadapan audiens.

Di dalam pelatihan ini pun Coach Cevy Nuhdian memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan simulasi praktek public speaking test dalam yaitu pembukaan opening, dan simulasi yang bertema kan mengatasi gejala dan penyebab ketakutan berbicara di depan umum dan tema yang kedua membangun citra positif diri melalui komunikasi yang efektif. Sehingga peserta memiliki kesempatan berlatih secara langsung dengan ahli  public speaking.