Jakarta- 25 November 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Strategic Planning Professional (CSPP).

Pelatihan Certified Strategic Planning Professional (CSPP) tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 November 2023 pukul 19. 00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Strategic Planning Professional (CSPP). Beliau adalah Dr. Billy Lazuardi, S.E.,  M.M. (Dosen, Editor, dan Penulis Buku, Master Trainer ESAS Management). Dalam pemaparannya, Bapak Billy menjelaskan bahwa perencanaan strategis merupakan suatu proses yang esensial dalam mengarahkan dan mencapai tujuan-tujuan jangka panjang suatu organisasi. Dengan membangun landasan yang kuat, perencanaan strategis melibatkan beberapa komponen kunci untuk memastikan kesinambungan dan perkembangan yang berkelanjutan.

ESAS Management Sukses Gelar Pelatihan CSPP: Penguatan Perencanaan Strategis untuk Pertumbuhan Organisasi.
Doc. Pelatihan CSPP Batch 6

Komponen-Komponen Perencanaan Strategis:

  1. Pernyataan Misi dan Tujuan Umum: Dirumuskan oleh pimpinan manajemen, pernyataan misi dan tujuan umum menggarisbawahi pemikiran strategis dan target ke depan.
  2. Analisis Lingkungan: Identifikasi, penilaian, dan antisipasi faktor-faktor eksternal dan kondisi yang memengaruhi organisasi untuk merumuskan strategi.
  3. Pemeriksaan Keadaan dan Sumber Daya Internal: Evaluasi kekuatan dan kelemahan internal organisasi, menjadi dasar bagi perencanaan strategis.
  4. Pembentukan, Evaluasi, dan Seleksi Strategi: Proses merumuskan, mengevaluasi, dan memilih strategi yang sesuai dengan visi dan misi organisasi.
  5. Pelaksanaan dan Pengawasan Rencana Strategis: Implementasi dan pemantauan strategi untuk memastikan pencapaian tujuan organisasi.

Visi dan Misi: Fondasi Etika dan Kepemimpinan

Visi adalah pandangan ke depan yang menggambarkan cita-cita organisasi, sementara misi adalah serangkaian rencana untuk mewujudkan visi tersebut. Kepemimpinan memiliki peran sentral dalam membangun visi dan misi organisasi, dengan nilai-nilai seperti ketulusan, kerendahan hati, dan keteladanan membentuk esensi pernyataan tersebut.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Lebih dari sekadar kata-kata, visi dan misi mencerminkan jiwa, semangat, dan nilai-nilai yang harus menjadi panduan bagi setiap anggota organisasi.

Pentingnya Perencanaan Strategis:

Perencanaan strategis memberikan kerangka dasar yang mempermudah pemahaman bentuk-bentuk perencanaan lainnya. Ini menjadi titik awal dalam menilai aktivitas manajerial dan organisasi secara keseluruhan. Tim perencana strategis, yang melibatkan berbagai tingkat manajemen, berperan dalam formulasi, evaluasi, dan pelaksanaan strategi.

3 Level Strategy :

  1. Korporat : strategi yang dibuat dan dilaksanakan oleh manajemen tingkat puncak. Strategi ini adalah strategi yang mengatur kegiatan dan operasi organisasi yang memiliki binis yang lebih dari satu macam .
  2. Unit Binis : strategi yang mengacu pada pengelolaan kegiatan dan operasi suatu tertentu.
  3. Fungsional : strategi yang merupakan kerangka fungsi-fungsi manajemen yang dapat mendukung strategi level unit .

Model Rantai Nilai dan Balanced Scorecard:

  • Rantai Nilai (Value Chain): Memberikan kerangka untuk mengidentifikasi dan menginventarisasi fungsi dalam aktivitas utama dan pendukung.
  • Balanced Scorecard: Terdiri dari empat perspektif, yaitu , pelanggan, proses internal, dan pembelajaran serta pertumbuhan, memberikan pandangan komprehensif terhadap kinerja organisasi.

Alat Perencanaan Strategis: Key Performance Indikator (KPI):

KPI merupakan serangkaian indikator kunci yang terukur, membantu organisasi menilai pencapaian sasaran strategis. Juga dikenal sebagai Indikator Kinerja Utama, KPI digunakan untuk menilai kinerja karyawan dan mencapai tujuan organisasi. Dengan perencanaan strategis yang matang, organisasi dapat menghadapi tantangan masa depan, memaksimalkan kekuatan, mengoptimalkan peluang, dan mengatasi kelemahan. Ini adalah langkah penting dalam memastikan eksistensi dan pertumbuhan berkelanjutan bagi setiap entitas organisasi.