Jakarta- 2 Desember 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Administrative Human Resources (CAHR). Pelatihan Certified Administrative Human Resources (CAHR) tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang  Certified Administrative Human Resources (CAHR). Beliau adalah Rika Hijrina S.Sos, CHCM, CHRMP, CCBP, CETP (HRGA Manager Perusahaan Asing, Praktisi HR lebih dari 15 tahun)


Pada awal pelatihan, Bu Rika menjelaskan bahwa Administrative Human Resources akan melakukan proses adminitrasi perekrutan seleksi.
Rekrutmen adalah proses pencarian kandidat untuk suatu posisi di perusahaan, baik dari internal maupun eksternal. Tahapannya meliputi pengajuan dari unit, pencarian kandidat, seleksi administrasi, dan prosedur lanjutan yang diatur dalam SOP yang disetujui oleh Dewan Komisaris dan Dewan Direksi.

 “You can't spell HERO without HR“ ucap bu Rika

Adapun program orientasi karyawan. Proses penerimaan staff melibatkan serangkaian langkah penting yang dimulai dengan orientasi, baik orientasi umum yang berlangsung hingga maksimal 3 bulan bagi karyawan pada umumnya, maupun orientasi khusus untuk rekrutmen proyek yang berjalan dari awal proyek hingga selesai dalam waktu paling lama satu bulan. Proses ini juga meliputi penempatan staff sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, lanjutan program orientasi dan pelatihan awal, evaluasi kinerja selama masa percobaan, penilaian kompetensi, serta penyesuaian atau pengakhiran kontrak kerja sesuai kebutuhan. Terdapat juga tahapan pemeriksaan melalui Medical Check-Up (MCU) sebelum proses pengangkatan pegawai dilakukan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Proses pelatihan dan pengembangan SDM diarahkan untuk meningkatkan kompetensi staf di unit layanan atau mengakomodasi kebutuhan baru dalam layanan yang menuntut kompetensi tambahan dari stafnya.

(Penasaran dengan penjelasannya? Mari ikuti Pelatihan Certified Administrative Human Resources hanya di ESAS Management).

Bu Rika juga menjelaskan langkah-langkahnya yaitu dimulai dengan Analisis Kebutuhan Pelatihan (TNA), di mana Divisi SDM bersama unit kerja melakukan evaluasi untuk menentukan kebutuhan pelatihan individu. TNA dilakukan melalui tiga pendekatan ada Analisis Berbasis Organisasi, mengenali kebutuhan pelatihan yang merespons perkembangan , Analisis Berbasis Kompetensi Pekerjaan, menilai profil kompetensi per posisi, dan Analisis Berbasis Kompetensi Individu, mengidentifikasi kesenjangan antara kebutuhan kompetensi dan tingkat kompetensi aktual karyawan.

Tentukan Masa Depan Organisasi dengan Peran Administrasi Sumber Daya Manusia! Yuk Pelajari di ESAS MANAGEMENT
Doc. Pelatihan CAHR Batch 3

Setelah TNA, langkah berikutnya adalah menerapkan Program Pelatihan dan Pendidikan. Divisi SDM merencanakan program yang memperhatikan alokasi anggaran yang disetujui manajemen serta penjadwalan agar tidak mengganggu aktivitas operasional peserta. Tujuannya adalah memastikan peningkatan kompetensi yang efektif sesuai kebutuhan yang telah diidentifikasi sebelumnya.Top of Form

Dalam pelatihannya, Bu Rika tidak hanya menjelaskan materi dengan teori saja namun juga melakukan diskusi, selain itu Bu Rika juga berbagi pengalaman yang sudah dilalui.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari  Certified Administrative Human Resources (CAHR) yaitu sebagai berikut:

  1. Proses Administrasi Perekrutan Seleksi
  2. Program Orientasi ataupun Pelatihan Awal Karyawan
  3. Administrasi dan Laporan Karyawan
  4. Proses Administrasi Pemutusan Hubungan Kerja Karyawan

Diakhir acara para peserta  Certified Administrative Human Resources (CAHR) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   
Menurut Salah satu peserta, yaitu Pak Muhammad Rais merasa sangat antusias dengan pelatihan Certified Administrative Human Resources malam ini, jujur tidak expect akan sedetail ini namun ternyata saat pelatihan benar-benar dikupas tuntas dan detail, terima kasih banyak.