Jakarta- 8 Desember 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Project Operations Manager (CPOM). Pelatihan Certified Project Operations Manager (CPOM) tersebut diselenggarakan pada hari Jumat, 8 Desember 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang  Certified Project Operations Manager (CPOM). Beliau adalah auzan Daffa, S.T., CCSM., CTEM.  (Project Planner, Praktisi Industri, Public Speaker Professional)


Pada awal pelatihan, Pak Fauzan menjelaskan terkait dengan konsep dasar Proyek Manajemen. Manajemen proyek merupakan seni mengelola seluruh aspek dari suatu proyek dengan metode terstruktur dan ilmiah. Proyek didefinisikan sebagai aktivitas sementara dengan waktu mulai dan berakhir yang telah ditentukan, seringkali menghasilkan layanan, produk, atau hasil yang spesifik. Meskipun proyek bersifat sementara dalam pelaksanaannya, hal ini tidak berlaku pada hasil akhir yang bisa bersifat abadi atau tidak terbatas dalam penggunaannya. Sebagai contoh, proyek pembangunan monumen memiliki jangka waktu tertentu untuk pembangunan, namun monumen yang selesai dibangun dapat digunakan tanpa batas waktu.

Pak Fauzan juga menjelaskan operasi manajemen proyek melibatkan berbagai jenis proyek, masing-masing dengan fokus uniknya. Proyek Engineering Konstruksi menekankan pengkajian kelayakan, desain teknik, serta pengadaan dan pelaksanaan konstruksi. Sementara itu, Proyek Pelayanan Manajemen lebih memprioritaskan desain sistem informasi, program efisiensi, penghematan, diversifikasi, dan aspek manajemen layanan. Proyek Kapital sering digunakan oleh badan usaha atau pemerintah, menitikberatkan pada pembebasan lahan, persiapan situs, dan pengadaan material. Sedangkan Proyek Penelitian dan Pengembangan berfokus pada riset mendalam serta pengembangan produk spesifik melalui eksperimen dan inovasi.Top of Form

(Penasaran dengan penjelasannya? Mari ikuti Pelatihan Certified Project Operations Manager hanya di ESAS Management). Dalam pelatihan Pak Fauzan juga memberikan tips-tips menarik untuk menjadi manajer operasional proyek loh. Langkah awal dalam memulai karir sebagai Manajer Operasional Proyek melibatkan aspek-aspek kunci. Mulai dari pendidikan formal hingga pengembangan keterampilan kepemimpinan, manajemen waktu, manajemen risiko, serta kemampuan organisasi yang baik. Selain itu, penting juga untuk memahami proyek-proyek dalam industri yang diminati, menerapkan metodologi manajemen proyek yang tepat, membentuk dan memimpin tim dengan efektif, serta terus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang manajemen proyek.

Scroll Untuk Lanjut Membaca
Taktik Efektif untuk Menjadi Manajer Operasional Proyek yang Sukses. Yukk pelajari di ESAS MANAGEMENT!
Doc. Pelatihan CPOM Batch 2

Dalam pelatihannya, Pak Fauzan tidak hanya menjelaskan materi dengan teori saja namun juga melakukan diskusi dan berpraktik bersama melakukan Progres Operasional Proyek mulai dari Anggaran, Penjadwalan & Pencapaian, selain itu Pak Fauzan juga berbagi pengalaman yang sudah dilalui.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari  Certified Project Operations Manager (CPOM) yaitu sebagai berikut:

  1. Konsep dasar proyek manajemen
  2. Karakteristik dan tujuan proyek manajemen
  3. Jenis jenis proyek
  4. Manajemen Stakeholder
  5. Manajemen rencana operasional
  6. Trik jitu menjadi manajer operasional proyek
  7. Peran manajer operasional proyek
  8. Tantangan operasional proyek dan cara mengatasinya
  9. Praktik perancangan project plan dengan menggunakan MS project

Diakhir acara para peserta  Certified Project Operations Manager (CPOM) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   
Menurut Salah satu peserta, yaitu pak Maeyer Beni terima kasih banyak Pak Fauzan untuk materinya, materinya sangat ternilai, mudah dicerna, sangat menarik, materi langsung to the point dengan praktik sehingga menyegarkan.