Jakarta- 15 Desember 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Awareness Health Safety and Environtment (CAHSE) tersebut diselenggarakan pada hari Jumat, 15 Desember 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Awareness Health Safety and Environtment (CAHSE). Beliau adalah Yakin Ermanto, S.T. M,B  (Praktisi & Trainer QHSE, Senior HSE Advisor LNG).

, keselamatan, dan lingkungan merupakan tiga pilar yang saling terkait erat dalam menjaga kesejahteraan kita, baik di tempat kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari. Memahami pentingnya kesadaran terhadap aspek-aspek ini tidak hanya memberi manfaat bagi individu, tetapi juga untuk komunitas secara keseluruhan. Pada awal pelatihan Pak Yakin menjelaskan bahwa keselamatan kerja mengacu kepada dasar keselamatan kerja, yang tertuang pada Undang-Undang Keselamatan Kerja No 1 Tahun 1970.

Syarat dan Keselamatan Kerja (K3) terdiri dari 18 poin utama. Ini mencakup pencegahan kecelakaan, kebakaran, dan bahaya peledakan. Pentingnya jalur penyelamatan dalam keadaan darurat, pada kecelakaan, dan penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi pekerja. Selain itu, K3 juga memperhatikan faktor lingkungan seperti suhu, kelembaban, debu, dan paparan bahan berbahaya seperti radiasi, suara, dan getaran. Tidak hanya mencegah PAK fisik dan psikis, tapi juga memastikan penerangan yang memadai di lingkungan kerja. Keseluruhan syarat-syarat K3 ini adalah fondasi untuk menjaga keselamatan, , dan lingkungan di tempat kerja.

adalah harta yang tak ternilai. Kesadaran akan pentingnya menjaga tubuh agar tetap sehat merupakan langkah pertama menuju kehidupan yang produktif dan bahagia. Mulai dari pola makan seimbang, olahraga teratur, hingga memperhatikan mental, semua itu membentuk dasar yang kokoh untuk menjalani kehidupan yang bermakna. Dalam konteks pekerjaan, keselamatan adalah hal yang tak bisa ditawar. Kesadaran akan pentingnya mengikuti prosedur keselamatan, menggunakan peralatan pelindung diri, dan memahami lingkungan kerja merupakan langkah awal dalam mencegah kecelakaan yang dapat mengganggu produktivitas dan diri.
(Penasaran dengan penjelasan lebih dalamnya? Simak selengkapnya hanya di pelatihan Certified Awareness Health Safety and Environtment yang di fasilitasi oleh ESAS Management)

Tingkatkan Kesadaran dalam Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan: Membangun Kebiasaan yang Berkelanjutan  bersama ESAS Management!
Doc. Pelatihan CAHSE Batch 6

Memahami bahwa , keselamatan, dan lingkungan merupakan bagian yang tidak terpisahkan adalah langkah penting dalam membangun kesadaran yang kuat. Inisiatif yang mendorong budaya kerja yang aman, peduli terhadap pribadi, dan bertanggung jawab terhadap lingkungan dapat mengubah paradigma kehidupan. Menyebarkan kesadaran bukan hanya menjadi tanggung jawab individu, tetapi juga komunitas. Inisiatif pendidikan, pelatihan, dan kampanye yang mengedukasi masyarakat tentang pentingnya K3 dapat membawa perubahan besar dalam pola pikir dan tindakan sehari-hari.

Dalam pelatihan, Pak Yakin menjelaskan tidak hanya teori namun juga mempresentasikan secara langsung bagaimana pengalamannya di lapangan dan tentunya membuka forum diskusi kepada peserta agar dapat saling berbagi kendala yang dihadapi di lapangan.

Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Awareness Health Safety and Environtment (CAHSE)  yaitu sebagai berikut:

  1. Merancang strategi pengendalian resiko di tempat kerja
  2. Merancang sistem tanggap darurat
  3. Melakukan komunikasi K3
  4. Mengawasi pelaksanaan izin kerja
  5. Melakukan pengukuran faktor bahaya di tempat kerja
  6. Mengelola sistem dokumentasi K3
  7. Menerapkan manajemen resiko K3
  8. Mengelola tindakan tanggap darurat
  9. Melakukan investigasi kecelakaan kerja

Diakhir acara para peserta Certified Awareness Health Safety and Environtment (CAHSE) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.

Menurut Salah satu peserta, yaitu kak Zulkifli R Matadjo, pelatihan Certified Awareness Health Safety and Environtment sangat baik dan membantu menambah wawasan, walaupun saya baru mengikuti pelatihan terkait K3 namun sangat mudah dimengerti. Materi yang sudah dijelaskan oleh pak Yakin memiliki banyak ilmu yang saya dapat aplikasikan di bidang pekerjaan saya yang berkaitan dengan keselamatan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca