Jakarta- 21 Desember 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Service Excellent (CSE). Pelatihan Certified Service Excellent (CSE) tersebut diselenggarakan pada hari Kamis, 21 Desember 2023 pukul 19.00 s.d 21.30 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang  Certified Service Excellent (CSE). Beliau adalah Niken Astiti Ari Wardhani, S.E, M.M.,CPSP.  (Master Trainer Esas Management, Dosen, Praktisi Service Excellent)


Pada era di mana persaingan semakin ketat, sebuah elemen yang sering kali menjadi pembeda utama antara perusahaan yang sukses dan yang tidak adalah layanan pelanggan. Layanan yang luar biasa tidak hanya menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi pelanggan, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk loyalitas jangka panjang.

“Kesuksesan adalah pertemuan antara persiapan dan kesempatan” ucap Bu Niken

Bu Niken menjelaskan untuk menciptakan layanan yang unggul, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami sepenuhnya kebutuhan dan keinginan pelanggan. Ini bisa dilakukan melalui riset pasar, wawancara langsung, atau bahkan analisis data untuk memahami preferensi dan pola perilaku pelanggan. Salah satu kunci layanan unggul lainnya adalah konsistensi. Pelanggan menginginkan pengalaman yang serupa setiap kali berinteraksi dengan perusahaan Anda, dari saat pertama kali mereka masuk ke dalam Anda hingga setiap transaksi berikutnya. Komunikasi yang jelas dan efektif adalah pondasi dari layanan yang baik. Memberikan informasi yang jelas, responsif terhadap pertanyaan pelanggan, dan mengatasi masalah dengan cepat dan efisien merupakan kunci untuk membangun hubungan yang sehat antara perusahaan dan pelanggan. Untuk menciptakan kesan yang tidak terlupakan, perusahaan harus berusaha melampaui harapan pelanggan. Ini bisa dilakukan melalui pelayanan yang lebih cepat dari yang dijanjikan, memberikan bonus atau hadiah kecil, atau bahkan dengan memberikan solusi kreatif untuk masalah yang dihadapi pelanggan. Service excellent bukan sekadar tren atau gimmick. Ia adalah filosofi yang berkelanjutan, investasi strategis yang berbuah loyalitas pelanggan dan kesuksesan jangka panjang. Dengan memahami esensinya, membudayakannya dalam perusahaan, dan mengeksekusinya dengan sungguh-sungguh, Anda akan menyaksikan transformasi luar biasa di mana senyum pelanggan bukan sekadar basa-basi, melainkan cerminan kepuasan dan ikatan loyalitas yang tak ternilai.

Scroll Untuk Lanjut Membaca
Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dengan Layanan Berkualitas Tinggi: Membangun Kunci Keunggulan Pelayanandi ESAS MANAGEMENT!
Doc. Pelatihan CSE Batch8

Investasi pada service excellent bukan sekadar pengeluaran, melainkan strategi jangka panjang yang menuai panen berlimpah. Beberapa manfaat nyata yang dirasakan antara lain:

  1. Kenaikan kepuasan pelanggan: Pelanggan yang puas cenderung kembali, membeli lebih banyak, dan menjadi promotor setia merekomendasikan Anda.
  2. Loyalty loop: Service excellent menciptakan lingkaran loyalitas, di mana pelanggan yang puas menjadi sumber akuisisi pelanggan baru secara organik.
  3. Peningkatan profitabilitas: Loyalitas pelanggan berujung pada peningkatan penjualan, efisiensi biaya pemasaran, dan penguatan branding.
  4. Keunggulan kompetitif: Di pasar yang jenuh, service excellent menjadi pembeda sejati, memisahkan Anda dari rival yang stagnan.
  5. Budaya kerja positif: Fokus pada kepuasan pelanggan melahirkan lingkungan kerja yang lebih ramah, produktif, dan penuh motivasi.

 (Penasaran dengan kelanjutannya? Mari ikuti Pelatihan  Certified Service Excellent  hanya di ESAS Management).

Dalam pelatihannya, Bu Niken tidak hanya menjelaskan materi dengan teori saja namun juga melakukan diskusi bersama, selain itu Bu Niken  juga berbagi pengalaman yang sudah dilalui.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari  Certified Service Excellent (CSE) yaitu sebagai berikut:

  1. Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
  2. Melakukan komunikasi lisan dalam bahasa inggris
  3. Menerapkan kerjasama dengan kolega/pelanggan
  4. Memberikan layanan kepada pelanggan
  5. Mengelola layanan pelanggan berkualitas
  6. Memenuhi kebutuhan pelanggan
  7. Menerapkan etika profesi

Diakhir acara para peserta  Certified Service Excellent (CSE)  juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   


Menurut Salah satu peserta, yaitu kak Hesti mengucapkan banyak terima kasih untuk pelatihan service excellent karena materinya menarik dan baik, saya mendapatkan ilmu yang sangat menambah wawasan dan sangat bermanfaat di dunia kerja yang saya dalami.