Jakarta- 20-21 Desember 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Governance Rik Compliance Specialist (CGRCS)

Pelatihan Sertifikasi Certified Data Entry Specialist tersebut diselenggarakan pada hari Rabu-Kamis, 20-21 Desember 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Governance Risk Compliance Specialist (CGRCS). Beliau adalah TAswi Sumarto, S.S., M.M., CBIA, CHCM QRMO, CRA, CRMP (Master Trainer ESAS Management, Risk Management & HSE – PT. Angkasa Pura Kargo).

GRC itu beorientasi pada Tata Kelola (G), Manajemen Risiko (R), dan Kepatuhan (C).

GRC itu portofolio proses yang mencakup tata Kelola, strategi, risiko, audit, legal, kepatuhan, , etika, mutu, sdm, dan juga budaya. Dan terintegrasi pada tujuan utama, kebijakan, proses, risiko dan pengendalian internal. Focus utama GRC itu membangun pendekatan dan kerangka kerja kolaboratif diseluruh fungsi dan hal ini yang menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk berinvestasi di .

Ternyata pada penerapan dashboard yang belum mencapai atau tidak mendapatkan hubungan antara kinerja dan indicator risiko, control dan kepatuhan. Yang Dimana seharusnya keefektifan suatu GRC itu membutuhkan dashboard yang mampu mengintegrasikan dan menyelaraska menghubungkan indicator risiko dan kepatuhan utama dengan indicator kinerja utama .

Kenapa harus GRC?

Scroll Untuk Lanjut Membaca
  • Praktik CGC (Good Corporate Governance) sudah tidak efektif lagi dalam mengelola organisasi
  • Berbagai jenis resiko baru bermunculan yabg tidak dapat diantisipasi dengan baik oleh organisasi.
  • Banyaknya regulasi baru bermunculan yang harus dipatuhih oleh organisasi tidak dapat dikelola dengan baik.

Mengapa harus terintegrasi? karena ada gap resiko-resiko baru yang bermunculan. Fungsi grc itu untuk meminimalisir resiko-resiko yang bermunculan, risk management itu perlu beriringan dengan pengendalian. Risk management itu create and protect, ada beberapa Tindakan dan control utama berlaku dihampir setiap organisasi dan umumnya didukung oleh berbagai jenis . Ini termasuk:

  • Tindakan dan control proaktif
  • Tindakan dan control detektif
  • Tindakan dan control responsive
ESAS Management Melaksanakan Pelatihan Certified Governance Risk Compliance Specialist Dengan Trainer Ahli Pada Bidangnya.
Doc. Pelatihan CGRCS Batch5