Jakarta- 22 Desember 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Public Relation Professional (CPRP). Pelatihan Certified Public Relation Professional (CPRP) tersebut diselenggarakan pada hari Jumat, 22 Desember 2023 pukul 19.00 s.d 22.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang  Certified Public Relation Professional (CPRP). Beliau adalah Niken Astiti Ari Wardhani, S.E, M.M.,CPSP.  (Master Trainer Esas Management, Dosen, Praktisi Service Excellent)


Profesi Public Relations (PR) telah mengalami perubahan yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Dulu dianggap sebagai sekadar bagian dari strategi pemasaran, kini PR telah menjadi kekuatan utama dalam membangun dan menjaga citra suatu entitas, baik itu perusahaan, tokoh publik, atau organisasi. “Yang Terpenting dari Kehidupan Bukanlah Kemenangan, Tapi Bagaimana Bertanding dengan Baik” ucap Bu Niken

Tren Terkini dalam Dunia Public Relations: Menggagas Keterampilan dan Strategi Profesional Hanya di ESAS MANAGEMENT!
Doc1. Pelatihan CPRP Batch 5

Bu Niken menjelaskan Proses komunikasi antara perusahaan dan masyarakat bertujuan untuk membentuk pandangan, memengaruhi persepsi, menyebarkan pemahaman, menginspirasi motivasi, serta mendorong partisipasi publik. Melalui interaksi ini, tujuan utama adalah menciptakan hubungan yang saling menguntungkan, menanamkan niat baik, dengan harapan menciptakan citra yang positif dari masyarakat terhadap perusahaan.

Seorang profesional PR harus memiliki keterampilan yang sangat beragam. Mereka perlu menguasai penulisan, analisis data, kreativitas, pemahaman mendalam akan industri di mana mereka bekerja, serta keterampilan diplomasi yang kuat.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Rancangan program komunikasi perusahaan memiliki peran vital dalam mengelola persepsi dan citra. Melalui pendekatan berkesinambungan dan terencana, evaluasi berkala dilakukan untuk memantau efektivitasnya. Informasi yang disediakan kepada perusahaan terafiliasi berperan sebagai panduan untuk menghadapi tantangan dan merancang perubahan. Sementara itu, pengumpulan informasi dari pihak eksternal memberikan wawasan yang penting atas pandangan yang ada terhadap perusahaan.

Komunikasi internal juga menjadi fokus dalam upaya menjaga hubungan yang sehat di dalam organisasi. Dalam setiap interaksi, responsif terhadap pertanyaan, keluhan, dan masukan memegang peranan penting dalam membangun citra yang positif. Seorang PR juga membutuhkan skill public speaking. Public Speaking merupakan keterampilan berkomunikasi secara lisan yang bertujuan untuk menyampaikan ide, gagasan, pesan, dan pendapat kepada audiens.

Tujuan utamanya adalah memberikan informasi, menghibur, serta mempengaruhi pendengar. Keterampilan ini dilakukan di hadapan khalayak dengan menggunakan metode dan struktur tertentu untuk memastikan pesan tersampaikan dengan efektif. Tidak semua orang yang pandai ngomong juga pandai berbicara. Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan saat public speaking, diantaranya menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami audience, mata memandang ke audience, berbicara dengan jelas dan tegas.

(Penasaran dengan kelanjutannya? Mari ikuti Pelatihan  Certified Public Relation Professional hanya di ESAS Management).

Tren Terkini dalam Dunia Public Relations: Menggagas Keterampilan dan Strategi Profesional Hanya di ESAS MANAGEMENT!
Doc2. Pelatihan CPRP Batc 5

Dalam pelatihannya, Bu Niken tidak hanya menjelaskan materi dengan teori saja namun juga melakukan diskusi bersama, selain itu Bu Niken  juga berbagi pengalaman yang sudah dilalui.

Ada banyak hal-hal yang dipelajari  Certified Public Relation Professional (CPRP) yaitu sebagai berikut:

  1. Membuat Riset Public Relation
  2. Membuat Perencanaan Program Kehumasan
  3. Menjalin Hubungan dengan media
  4. Melaksanakan special event kehumasan
  5. Melaksanakan Master of Ceremony
  6. Melaksanakan kegiatan seminar, konferensi, lokakarya, dan rapat
  7. Membuat dokumen kegiatan

Diakhir acara para peserta  Certified Public Relation Professional (CPRP) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.

Menurut Salah satu peserta, yaitu bu Syarifah Novieyana saya bersyukur bisa bergabung dan bertemu dengan esas management, karena pelatihan ini sangat menambah wawasan baru banyak informasi yang sebelumnya saya belum dapatkan saya dapatkan di pelatihan ini. Terima kasih banyak Bu Niken dan ESAS Management