Jakarta- Dasar pada prinsip Credit Itu adalah 5C, apa saja sih?

  • Character,

yang dimana penilaian karakter debitur atau calon debitur dilakukan untuk dapat menyimpulkan bahwa debitur/calon debitur tersebut jujur, bertikad baik dan tidak akan memyulitkan bank di kemudian hari.

  • Capacity

Yang Dimana penilaian kemampuan debitur/calon debitur dalam bidang usahanya dan kemampuan manajemen debitur/calon debitur.

  • Capital

Yang Dimana penilaian posisi debitur/calon atau debitur secara keseluruhan termasuk aliran kas, baik untuk masa lalu maupun masa depan. (berupa modal0

  • Condition pf economic

Penilaian atas kondisi pasar di dalam negeri maupun diluar negeri, baik masa lalu atau untuk usaha masa yang kana dating. Seperti regulasi pemerintahannya, kondisi makro dan mikro, situasi politik dan keamanan, kondisi lain.

Scroll Untuk Lanjut Membaca
  • Collateral

Penilaian atas agunan yang dimiliki oleh debitur/calon debitur yang dilakukan untuk mengetahui kecukupan nilai agunan sesuai dengan pemberian pinjaman dan ketentuan bank.

Mengingat tuntutan pekerjaan yang tinggi, ada beberapa kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang credit analyst! Ikuti pelatihan CCAP (Certified Credit Analyst Professional).
Doc. Pelatihan CCAP Batch 1

Kredit modal kerja Vs Kredit Investasi

Kredit modal kerja itu diberikan bank untuk membantu modal kerja debitur dalam rangka meningkatkan atau kelangsungan hidup usaha yang bersangkutan. Sedangkan Kredit investasi ini diberikan kepada debitur untuk keperluan tambahan modal investasi.

Trainer menjelaskan dalam pelatihan ini bahwa kredit itu penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.