Jakarta- 24 Maret 2024 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Public Relation Professional (CPRP) tersebut diselenggarakan pada hari Minggu, 24 Maret 2024 pukul 09.00 s.d 12.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Public Relation Professional (CPRP). Beliau adalah Ibu Niken Astiti Ari Wardhani, S.E.,M.M. (Mater Trainer Esas Management, Dosen dan Praktisi).
Menurut ibu niken, menjadi seorang Public Relation tidak hanya tentang memberikan informasi, tetapi juga tentang menciptakan proses interaksi yang membangun opini publik yang positif. Hal ini dilakukan dengan memberikan persepsi yang baik, memotivasi, serta mendorong partisipasi masyarakat secara positif. Dengan demikian, citra perusahaan dapat meningkat di mata publik.

“Seorang Public Relation harus mampu membimbing hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publiknya. Mereka juga harus mampu mengidentifikasi opini, persepsi, dan tanggapan masyarakat terhadap organisasi yang diwakilinya,” ungkap ibu niken.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diajarkan untuk melakukan riset, merencanakan program kehumasan, menjalin hubungan baik dengan media, mengorganisir special event, serta mengelola kegiatan seminar, konferensi, lokakarya, dan rapat. Selain itu, dokumentasi kegiatan juga menjadi bagian penting dalam tugas seorang PR.

ESAS Management Gelar Pelatihan CPRP: Membangun Profesionalisme dalam Public Relations
Doc. Pelatihan CPRP Batch 8

“Menjadi seorang Public Relation bukanlah hal yang mudah. Mereka harus mampu memberikan pesan dan kesan yang baik terkait informasi, motivasi, atau hal lainnya dengan jelas,” tambahnya.
Selain itu, Ibu Niken, yang turut memberikan penjelasan dalam acara tersebut, menyoroti pentingnya first impression bagi seorang PR. Penampilan yang baik, sikap yang positif, serta kemampuan public speaking yang baik merupakan modal utama untuk menciptakan kesan yang baik di mata publik.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Diakhir ibu niken mengungkapkan bahwa “Pelatihan Public Relation ini memberikan bekal dan pengetahuan yang luar biasa bagi pesertanya. Mereka akan lebih memahami tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Public Relation Professional,”


Acara pelatihan ini dihadiri oleh sejumlah peserta dari berbagai latar belakang, yang semuanya sepakat bahwa pemahaman mendalam tentang dunia Public Relation merupakan hal yang sangat penting untuk kesuksesan dalam bidang ini. Dengan pengajaran yang mendalam dan pengalaman yang dibagikan oleh para trainer, diharapkan peserta dapat menerapkan ilmu yang didapatkan dalam praktek sehari-hari sebagai seorang PR yang profesional.