Jakarta, 19 April 2024 ESAS management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai  Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME). Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME) tersebut diselenggarakan pada hari Jumat, 19 April 2024 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda. Tidak lupa pelatihan ini difasilitasi oleh fasilitator yang luar biasa yang ahli dibidangnya, yaitu Pak Danis Wahyu, S.A.B., M.A., CMT. (COO ESAS Management, Master Trainer BNSP RI).

kecil dan menengah () seringkali dihadapkan pada berbagai tantangan dalam mengelola usaha mereka. Dari masalah permodalan hingga strategi pemasaran yang efektif, pemilik perlu mengatasi beragam hal agar mereka tetap berjalan dan berkembang. Dalam menghadapi kompleksitas tersebut, hadirnya konsultan pendamping menjadi sebuah solusi yang sangat berharga. Mari kita telaah mengapa konsultan pendamping menjadi kunci keberhasilan bagi - ini.

Konsultan pendamping biasanya memiliki pengalaman yang luas dalam berbagai aspek . Mereka telah bekerja dengan berbagai jenis dan memiliki wawasan mendalam tentang apa yang berhasil dan tidak berhasil dalam skenario tertentu. Dengan memanfaatkan pengalaman mereka, konsultan dapat membantu pemilik untuk menghindari jebakan umum, menemukan solusi yang efektif, dan mempercepat proses pengambilan keputusan.

Salah satu tantangan utama bagi adalah memahami pasar mereka dengan baik. Konsultan pendamping biasanya memiliki pengetahuan mendalam tentang tren pasar terbaru, perilaku konsumen, dan pesaing dalam industri tertentu. Dengan menganalisis data pasar dan melakukan riset yang komprehensif, mereka dapat membantu untuk mengidentifikasi peluang baru, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, dan menyesuaikan produk atau layanan mereka sesuai dengan kebutuhan pasar.

Selain pengalaman dan pengetahuan, konsultan pendamping juga memiliki akses yang luas ke jaringan yang berharga. Mereka sering kali memiliki hubungan yang baik dengan berbagai pihak, termasuk investor, bank, pemasok, dan pelanggan potensial. Dengan memanfaatkan jaringan ini, konsultan dapat membantu untuk menjalin kemitraan strategis, mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan, dan memperluas jangkauan mereka.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Konsultan pendamping tidak hanya membantu dalam mengatasi masalah saat ini, tetapi juga membantu merancang strategi pertumbuhan jangka panjang. Mereka bekerja dengan untuk mengidentifikasi tujuan mereka, merumuskan rencana aksi yang konkret, dan mengukur kemajuan secara teratur. Dengan fokus pada pertumbuhan jangka panjang, konsultan membantu untuk menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan dan membangun fondasi yang kuat untuk masa depan.

Secara keseluruhan, dalam lingkungan yang semakin kompleks dan kompetitif, membutuhkan dukungan yang komprehensif untuk tetap bersaing dan berkembang. Konsultan pendamping menyediakan layanan yang sangat berharga dengan menggabungkan pengalaman, pengetahuan, pembinaan personal, akses ke jaringan , dan fokus pada pertumbuhan jangka panjang. Dengan konsultan, dapat mengatasi tantangan, memanfaatkan peluang, dan mencapai keberhasilan dalam dunia yang dinamis ini.

Dalam pelatihan, Pak Danis menjelaskan tidak hanya menjelaskan terkait dengan teori saja namun juga menjelaskan secara langsung bagaimana praktiknya di lapangan dan tentunya membuka forum diskusi kepada peserta agar dapat saling berbagi kendala yang dihadapi di lapangan.

Top of Form


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME) yaitu sebagai berikut:

  1. Kriteria
  2. Peran Pendamping
  3. Identifikasi Permasalahan
  4. Analisis Kebutuhan Pendampingan
  5. Menyusun Rencana Pendampingan
  6. Membuat Perencanaan Usaha
  7. Strategi Pemasaran

Diakhir acara para Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.  
Menurut Salah satu peserta, yaitu  Revina D Putri “ini sangat menambah banyak wawasan saya dan banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan. Pelatihan hari ini baik dan tidak kaku, saya sangat enjoy dengan pelatihan hari ini. Terima kasih banyak para fasilitator yang luar biasa dan ESAS Management.”