Jakarta, 21 April 2024 ESAS management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai  Certified Designer Grafis (CDG). Certified Designer Grafis (CDG) tersebut diselenggarakan pada hari Minggu, 21 April 2024 pukul 09.00 s.d 12.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda. Tidak lupa pelatihan ini difasilitasi oleh fasilitator yang luar biasa yang ahli dibidangnya, yaitu Pak Irwan D Rinaldi, S.T.P., M.M. (Dosen, Designer, Produser, Sutrada).


Desain grafis adalah seni visual yang memadukan elemen-elemen seperti teks, gambar, dan grafik untuk menyampaikan pesan atau menyampaikan konsep secara efektif. Dalam dunia yang didominasi oleh visual, desain grafis memiliki peran yang sangat penting dalam komunikasi dan membangun identitas merek.

Mengapa Desain Grafis Penting?

Desain grafis tidak hanya tentang estetika yang menarik. Ini adalah bahasa visual yang dapat mempengaruhi cara kita memandang dunia di sekitar kita. Desain grafis memainkan peran penting dalam:

Membangun Identitas Merek: Logo, kemasan produk, dan materi pemasaran lainnya membantu merek untuk membedakan diri dari pesaingnya.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Komunikasi Efektif: Desain grafis memungkinkan pesan-pesan kompleks dijelaskan dengan cara yang mudah dipahami.

Meningkatkan Pengalaman Pengguna: Desain yang baik pada situs web, , dan produk lainnya dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membuatnya lebih menarik.

Menciptakan Desain yang Menarik

Bagaimana kita bisa menciptakan desain grafis yang menarik dan efektif? Berikut adalah beberapa tips:

1. Pahami Tujuan Anda

Sebelum mulai merancang, pahami tujuan dari desain grafis Anda. Apakah Anda ingin mempromosikan produk, menyampaikan pesan, atau membangun kesadaran merek? Memahami tujuan akan membantu Anda menentukan pendekatan yang tepat.

2. Kenali Audiens Anda

Pahami siapa yang akan melihat desain Anda. Apa yang menarik bagi mereka? Apakah mereka memiliki preferensi estetika tertentu? Dengan memahami audiens Anda, Anda dapat menciptakan desain yang lebih relevan dan efektif.

3. Eksplorasi Kreativitas

Jangan takut untuk berpikir di luar kotak dan mencoba hal-hal baru. Eksplorasi kreativitas Anda dan jangan ragu untuk mencoba kombinasi warna, jenis huruf, dan layout yang tidak konvensional.

4. Perhatikan Detail

Detail-detail kecil bisa membuat perbedaan besar dalam desain grafis. Pastikan untuk memperhatikan hal-hal seperti keseimbangan, proporsi, dan kontras untuk menciptakan desain yang seimbang dan menarik secara visual.

5. Gunakan Alat Desain yang Tepat

Pilihlah alat desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada berbagai software desain grafis yang tersedia, mulai dari yang sederhana hingga yang canggih. Pilihlah yang cocok dengan tingkat keterampilan dan kebutuhan proyek Anda.

Mengungkap Kreativitas Melalui Desain Grafis: Seni yang Membuat Mata Tertarik
Dokumentasi Pelatihan CDG

Secara keseluruhan, Desain grafis adalah bentuk ekspresi diri yang kuat. Setiap desain mencerminkan kepribadian dan identitas pembuatnya. Oleh karena itu, jadilah kreatif dan jangan takut untuk mengekspresikan diri Anda melalui desain grafis Anda. Dalam dunia yang semakin terhubung secara , desain grafis memiliki peran yang semakin penting dalam komunikasi dan ekspresi diri. Dengan memahami prinsip-prinsip dasar desain grafis dan membiarkan kreativitas Anda mengalir, Anda dapat menciptakan karya yang menarik dan berpengaruh. Jadi, mulailah menggambar, mencipta, dan membiarkan dunia melihat visi melalui desain grafis yang menakjubkan!

(Simak Lebih Lanjutnya hanya di Pelatihan Sertifikasi Designer Grafis di ESAS Management)

Dalam pelatihan, Pak Irwan menjelaskan tidak hanya menjelaskan terkait dengan teori saja namun juga menjelaskan secara langsung bagaimana praktiknya di lapangan dan tentunya membuka forum diskusi kepada peserta agar dapat saling berbagi kendala yang dihadapi di lapangan. Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Designer Grafis (CDG) yaitu sebagai berikut:

  1. Mengaplikasikan prinsip dasar desain
  2. Menerapkan prinsip dasar komunikasi
  3. Menerapkan desain brief
  4. Mengoperasikan perangkat lunak desain

Diakhir acara para Certified Designer Grafis (CDG) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.  Menurut Salah satu peserta, yaitu  Mathius Whisnu sangat menambah banyak wawasan saya dan banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan. Pelatihan hari ini baik dan tidak kaku, saya sangat enjoy dengan pelatihan hari ini. Terima kasih banyak untuk fasilitator yang luar biasa dan Esas Management.