Jakarta, 21 April 2024 Esas management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai  Certified Human Resources Business Partner (CHRBP). Certified Human Resources Business Partner (CHRBP) tersebut diselenggarakan pada hari Minggu, 21 April 2024 pukul 13.00 s.d 15.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda. Tidak lupa pelatihan ini difasilitasi oleh fasilitator yang luar biasa yang ahli dibidangnya, yaitu Pak Dr. Billy Lazuardi., S.E.,M.M. (Dosen, Editor, Penulis Buku, Master Trainer Esas Management).


Dalam era dinamis saat ini, peran Human Resources Business Partner (HRBP) telah menjadi semakin penting dalam mendukung pertumbuhan dan keberhasilan sebuah organisasi. HRBP bukan hanya sekadar bagian dari tim sumber daya manusia, tetapi mereka menjadi mitra strategis bagi manajemen dalam mencapai tujuan .

Tradisionalnya, fungsi HR dikenal sebagai pengelola administrasi, mulai dari penggajian hingga manajemen kinerja. Namun, peran HRBP mengalami transformasi yang signifikan. Mereka tidak hanya berfokus pada tugas-tugas administratif, tetapi juga terlibat dalam pengambilan keputusan strategis yang berkaitan dengan sumber daya manusia.

Sebagai mitra , HRBP bekerja sama dengan pemimpin organisasi untuk memahami kebutuhan sumber daya manusia yang diperlukan untuk mencapai tujuan strategis. Mereka tidak hanya mencari bakat yang sesuai, tetapi juga mengembangkan strategi pengembangan karyawan untuk memastikan bahwa organisasi memiliki tim yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Menggali Peran Strategis Human Resources Business Partner dalam Pengembangan Organisasi
Dokumentasi Pelatihan CHRBP

HRBP juga bertanggung jawab untuk membangun hubungan yang kuat antara manajemen dan karyawan. Mereka menjadi mediator dalam menyelesaikan konflik, menyediakan dukungan dalam pengembangan karier, dan memastikan bahwa kebutuhan karyawan dipahami dan diperhatikan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Seiring dengan perubahan regulasi dan tren industri, HRBP bertanggung jawab untuk memastikan bahwa organisasi mengikuti kebijakan dan praktik terbaik dalam pengelolaan sumber daya manusia. Mereka berperan sebagai katalisator dalam mengintegrasikan inovasi dan perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan.

Secara keseluruhan, peran HRBP telah berkembang menjadi salah satu elemen kunci dalam kesuksesan sebuah organisasi. Dengan menjadi mitra strategis bagi manajemen, mereka membantu membentuk budaya kerja yang inklusif, memaksimalkan potensi karyawan, dan mengarahkan organisasi menuju pencapaian tujuan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, investasi dalam pengembangan dan penguatan peran HRBP merupakan langkah yang sangat penting bagi setiap organisasi yang ingin tetap relevan dan berdaya saing di pasar yang kompetitif. (Simak Lebih Lanjutnya hanya di Pelatihan Sertifikasi Human Resources Business Partner Management)

Dalam pelatihan, Pak Dr. Billy menjelaskan tidak hanya menjelaskan terkait dengan teori saja namun juga menjelaskan secara langsung bagaimana praktiknya di lapangan dan tentunya membuka forum diskusi kepada peserta agar dapat saling berbagi kendala yang dihadapi di lapangan.
Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Human Resources Business Partner (CHRBP) yaitu sebagai berikut:

  1. Memahami konsep HRBP
  2. Tujuan HRBP
  3. Tanggung jawab dan tugas HRBP
  4. Keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi HRBP
  5. Fungsi kehadiran HRBP

Diakhir acara para Certified Human Resources Business Partner (CHRBP) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.  Menurut Salah satu peserta, yaitu  Zaki Hariadico “sangat menambah banyak wawasan saya dan banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan. Pelatihan hari ini baik dan tidak kaku, saya sangat enjoy dengan pelatihan hari ini. Terima kasih banyak untuk fasilitator yang luar biasa dan Esas Management.”