Pelatihan Sertifikasi Human Capital Analyst (CHCA) Batch ke 20 sukses diselenggarakan pada hari Sabtu sampai dengan Minggu malam mulai pukul 19.00 s.d 21.00 WIB dari tanggal 20 sampai dengan 21 April yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri 2 orang peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Human Capital Analyst, yaitu Reni Farida Yanti, S.E., M.M. CMT (Master Trainer ESAS Management, HC Manager ESAS Management, Dosen dan Kaprodi Manajemen ) dengan seorang moderator yaitu (Moderator & Customer Service ESAS Management).

Pelatihan CHCA dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut selama 2×60 menit. Di awal pelatihan Bu Reni menginformasikan bahwa saat ini bagi HR, melakukan sertifikasi kompetensi merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Hal tersebut sebagai tercantum dalam Surat Keputusan Menaker Nomor 115 Tahun 2022 tentang Pemberlakukan Wajib Sertifikasi Kompetensi Kerja Bagi Tenaga Kerja Bidang Managemen Sumber Daya Manusia.

Tingkatkan Skill SDM dengan Mengikuti Pelatihan Human Capital di ESAS Management.
Dokumentasi Pelatihan CHCA.

Untuk itu pelatihan Human Capital yang diselenggarakan oleh ESAS Management diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang fokusnya tidak hanya pada aspek teknis pekerjaan, tetapi juga pada aspek kepemimpinan, komunikasi, keterampilan interpersonal, dan kemampuan lain yang dapat meningkatkan kinerja individu dan organisasi secara keseluruhan.

Selama 2 hari pelatihan Bu Reni menyajikan secara lengkap mengenai Human Capital, yaitu diantaranya :

  1. Konsep Dasar Human Capital
  2. Analisis Jabatan
  3. Kebijaksanaan Manajemen Sumber Daya Manusia
  4. Menyusun Uraian Jabatan

Dari seluruh pemaparan materi dapat disimpulkan bahwa HR dan HC memiliki perbedaan, yaitu HR adalah sebuah sumber daya manusia yang berguna oleh perusahaan maupun organisasi. Sedangkan HC merupakan sumber daya manusia sebagai suatu modal yang dapat diinvestasikan oleh perusahaan demi mencapai keuntungannya.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Human Capital atau HC dikenal juga sebagai Modal Manusia. HC adalah sebuah nilai dari kemampuan dan kualitas tenaga kerja yang mempengaruhi produktivitas. Yang dimaksud dengan kualitas ini adalah termasuk pendidikan tinggi, pelatihan teknis di tempat kerja, , dan nilai-nilai lainnya seperti ketepatan waktu.