Jakarta, 26-27 April 2024 ESAS management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Public Speaking Specialist (CPSS).

Pelatihan Certified Public Speaking Specialist (CPSS) tersebut diselenggarakan pada hari Jumat-Sabtu, 26-27 April 2024 pukul 19. 00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Public Speaking Specialist (CPSS). Beliau adalah Bapak Chepy Nuhdian, S.S., CMT. (Master Trainer ESAS Management, MC & Public Speaker Professional), dengan seorang moderator yaitu Indah (moderator & Admin Support ESAS Management).

Dalam pelatihan ini, Coach Cevy berbagi tujuh cara efektif untuk membuat audience tertarik saat berbicara di atas panggung.

1. Tindakan Harus Selaras dengan Ucapan

Coach Cevy menekankan pentingnya keselarasan antara tindakan dan ucapan, dengan moto “Do what you say, say what you do”. Komitmen adalah kunci untuk membangun kepercayaan audiens.

2. Jadi Pendengar yang Baik

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Menjadi pendengar yang baik adalah langkah penting dalam membangun koneksi dengan audiens. Mendengarkan dengan penuh perhatian meningkatkan interaksi dan daya tarik.

3. Bicara dengan Maksud dan Tujuan Jelas

Mengkomunikasikan pesan dengan maksud dan tujuan yang jelas akan membuat audiens lebih terlibat dan memahami inti pembicaraan.

4. Ucapkan Maaf, Tolong, dan Terima Kasih

Menggunakan kata-kata sopan seperti permintaan maaf, ucapan tolong, dan terima kasih menunjukkan sikap yang ramah dan menghargai audiens.

5. Sesuaikan Gaya Bicara dengan Lawan Bicara

Penyesuaian gaya bicara sesuai dengan karakteristik audiens dapat meningkatkan daya tarik dan pemahaman.

6. Bicara Perlahan agar Lawan Bicara Paham

Berbicara dengan tempo yang tepat membantu audiens untuk memahami dengan baik setiap kata yang disampaikan.

7. Body Manner: Respon dengan Senyuman, Anggukan, dan Ekspresi Positif

Menggunakan bahasa tubuh seperti respon positif, senyuman, dan anggukan kepala dapat memperkuat pesan yang disampaikan.

Mengukir Keahlian Public Speaking bersama ESAS Management: 7 Cara Membuat Audience Tertarik di Atas Panggung
Dokumentasi Pelatihan CPSS.

Tujuan public speaking tidak hanya sebatas menyampaikan informasi. Coach Cevy menyebutkan bahwa tujuan dan fungsi public speaking melibatkan penyampaian informasi, penghiburan audiens, pengaruh, penambahan pengetahuan, perbaikan hubungan, pemahaman masalah, dan penyampaian isu-isu.

Coach Cevy juga membagikan tips dan trik penting, antara lain:

  • Senyumlah, Senyumlah, dan Senyumlah: Senyuman adalah kunci untuk menciptakan hubungan yang baik dengan audiens.
  • Jangan Dibuat-buat: Ekspresi wajah harus sesuai dengan kata-kata yang disampaikan.
  • Jaga Kredibilitas: Hindari ekspresi yang dapat merugikan kredibilitas Anda.

Coach Cevy memberikan solusi bagi yang mengalami demam panggung. Dengan menarik nafas sebanyak tiga kali, menggerakkan tangan, dan tersenyum, peserta dapat menenangkan diri sebelum berbicara di depan umum.

Pelatihan ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan simulasi praktek public speaking dengan tema mengatasi ketakutan berbicara di depan umum dan membangun citra positif melalui komunikasi efektif.

Melalui pelatihan ini, peserta mendapatkan wawasan mendalam dan keahlian langsung dari Coach Cevy, membawa kemampuan public speaking mereka ke tingkat yang lebih tinggi. ESAS Management terus berkomitmen untuk memberikan pelatihan yang bermanfaat dan relevan untuk mengembangkan kemampuan profesional pesertanya.