Jakarta, 28 April 2024 ESAS management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Public Accounting Senior (CPAS).


Pelatihan Certified Public Accounting Senior (CPAS) tersebut diselenggarakan pada hari Minggu, 28 April 2024 pukul 09. 00 s.d 11.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Public Accounting Senior (CPAS). Beliau adalah Ibu Ade Nahdiatul, M.Akt., CTT., CAAAT., CADE (Dosen Akuntansi & Pajak, Praktisi Akuntansi & Peneliti).

Dalam pemaparannya, Ibu Ade menguraikan beragam bidang yang tercakup dalam akuntansi sektor publik serta pentingnya pengukuran kinerja dalam mencapai tujuan pemerintah. Akuntansi sektor publik bukanlah semata-mata pencatatan angka, namun juga merupakan instrumen untuk mengelola dan bertanggung jawab atas pendapatan dan pengeluaran lembaga publik. Ruang lingkupnya meliputi berbagai bidang mulai dari pemerintahan pusat hingga lembaga non-pemerintah seperti LSM dan yayasan. Setiap entitas, termasuk pemerintah daerah, partai politik, institusi pendidikan, sistem publik, dan lembaga peribadatan, memerlukan akuntansi yang ketat untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas.

ESAS Management Gelar Pelatihan Sertifikasi CPAS: Transformasi Keahlian dalam Akuntansi Sektor Publik
Dokumentasi Pelatihan CPAS.

Bidang Utama Akuntansi Sektor Publik :

Scroll Untuk Lanjut Membaca

1. Akuntansi Pemerintahan Pusat dan Daerah : Menyusun anggaran dan mengelola negara.

2. Akuntansi Partai Politik : Mengelola sumber daya partai dan belanja kampanye.

3. Akuntansi LSM dan Yayasan : Memastikan dari donor dikelola secara transparan dan efisien.

4. Akuntansi Pendidikan dan : Mengelola pendapatan dan pengeluaran institusi untuk kesejahteraan masyarakat.

5. Akuntansi Peribadatan : Mengelola sumbangan dan belanja terkait kegiatan keagamaan.

Anggaran merupakan instrumen penting dalam mengatur sektor publik. Anggaran operasional dan modal menjadi pedoman dalam perencanaan dan pengelolaan . Terdapat berbagai pendekatan dalam penganggaran, mulai dari tradisional hingga pendekatan berbasis kinerja yang lebih modern.

Siklus penganggaran publik dimulai dari penetapan prosedur hingga penetapan anggaran akhir. Proses ini melibatkan koordinasi antara berbagai entitas pemerintah untuk memastikan alokasi yang tepat dan efisien.

Pengukuran kinerja menjadi penentu efektivitas dan efisiensi program-program sektor publik. Dengan menggunakan beragam indikator, pemerintah dapat mengevaluasi pencapaian tujuan mereka serta memperbaiki kebijakan yang tidak efektif.

Melalui pemahaman yang mendalam tentang akuntansi sektor publik dan implementasi yang baik, diharapkan bahwa pemerintah dapat lebih efisien dalam mengelola publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Dengan demikian, akuntansi sektor publik bukan hanya sekadar catatan angka, tetapi juga fondasi bagi keseimbangan dan kemakmuran masyarakat secara luas.