Jakarta, 08 Mei 2024 Esas management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai  Certified Counselor Professional  (CCP). Pelatihan   Certified Counselor Professional  (CCP) tersebut diselenggarakan pada hari Rabu, 08 Mei 2024 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang   Certified Counselor Professional  (CCP). Beliau adalah Siti Juariah, S.Psi., M.Pd. (Praktisi dan Muslim Konselor Indonesia, Dosen).

Pada awal pelatihan, ibu Siti memberikan penjelasan yang menginspirasi tentang pentingnya pemahaman psikologi kepribadian dalam konteks konseling.

Menurut ibu Siti, psikologi kepribadian bukan sekadar studi tentang perilaku seseorang, tetapi juga mencakup nilai-nilai yang mendasari perilaku tersebut. Dalam konteks ini, dia memperkenalkan konsep nilai implisit dan eksplisit, yang merujuk pada keyakinan yang mendasari perilaku, baik disadari maupun tidak.

ESAS Management Gelar Pelatihan CCP: Transformasi Profesionalisme dalam Dunia Konseling
Dokumentasi Pelatihan CCP.

Selain itu, ibu Siti menyoroti pentingnya observasi aktif terhadap perilaku dan reaksi seseorang, serta komunikasi yang efektif dalam mendengarkan dengan penuh perhatian. Memahami individu tidak hanya melibatkan pemahaman tentang latar belakang dan pengalaman masa lalu mereka, tetapi juga melibatkan empati dan kemampuan untuk melihat dunia dari sudut pandang orang lain.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Pelatihan ini juga menyentuh berbagai aspek konseling, termasuk teknik memahami kepribadian, peran coach, mentor, dan konselor, pendekatan konseling, teknik perilaku untuk penyembuhan trauma, pelepasan diri, model konseling, serta faktor dan isu dalam konseling .

Para peserta juga mengakui bahwa pelatihan CCP tidak hanya memberi mereka alat untuk menjadi konselor yang lebih baik, tetapi juga membuka wawasan baru tentang pentingnya empati, pemahaman, dan keterlibatan dalam proses konseling. Dengan demikian, mereka merasa lebih siap dan termotivasi untuk mengembangkan diri mereka sebagai profesional konseling yang kompeten dan peduli.

Dengan demikian, kesuksesan acara pelatihan CCP bukan hanya tercermin dari kepuasan dan apresiasi yang dirasakan oleh para peserta, tetapi juga dari keyakinan mereka untuk menjadi agen perubahan yang positif dalam mendukung kesejahteraan mental individu yang mereka layani.