Jakarta, 13 Mei 2024 ESAS management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Project Operations Manager (CPOM). Certified Project Operations Manager (CPOM) tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 13 Mei 2024 pukul 19.30 s.d 21.30 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda. Tidak lupa pelatihan ini difasilitasi oleh fasilitator yang luar biasa yang ahli dibidangnya, yaitu Pak Fauzan Daffa, S.T., CCSM., CPOM., CTEM. (Senior Quality Assurance, User Experience Expert, Project Planner).

Seorang Project Operations Manager (POM) memiliki tanggung jawab yang besar dalam memastikan suksesnya sebuah proyek. Namun, dalam perjalanan mengelola proyek, sering kali POM dihadapkan pada berbagai tantangan yang dapat menghambat jalannya proyek. Berikut adalah beberapa tantangan yang umum dihadapi oleh POM dan strategi untuk mengatasi tantangan tersebut:

1. Pengelolaan Sumber Daya

  • Tantangan: Salah satu tantangan terbesar bagi POM adalah mengelola sumber daya proyek, termasuk anggaran, tenaga kerja, dan waktu, agar tetap efisien dan efektif.
  • Strategi: POM harus melakukan perencanaan yang cermat dan terperinci dalam mengalokasikan sumber daya proyek. Hal ini meliputi membuat jadwal kerja yang realistis, memprioritaskan tugas yang penting, dan melakukan monitoring secara berkala untuk memastikan penggunaan sumber daya yang optimal.

2. Komunikasi

  • Tantangan: Komunikasi yang buruk dapat menyebabkan kesalahpahaman dan konflik di antara tim proyek, sehingga menghambat kemajuan proyek.
  • Strategi: POM harus memastikan komunikasi yang efektif di antara anggota tim dan stakeholder proyek. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan pertemuan rutin, menggunakan berbagai media komunikasi seperti email dan platform kolaborasi online, serta memastikan bahwa semua informasi penting disampaikan dengan jelas dan tepat waktu.
  • Strategi: POM harus memastikan komunikasi yang efektif di antara anggota tim dan stakeholder proyek. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan pertemuan rutin, menggunakan berbagai media komunikasi seperti email dan platform kolaborasi online, serta memastikan bahwa semua informasi penting disampaikan dengan jelas dan tepat waktu.

3. Manajemen Risiko

  • Tantangan: Setiap proyek memiliki risiko yang terkait dengannya, dan POM harus mampu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko tersebut agar tidak mengganggu jalannya proyek.
  • Strategi: POM harus secara proaktif mengidentifikasi potensi risiko proyek dan mengembangkan strategi untuk mengurangi dampaknya. Hal ini meliputi membuat rencana mitigasi risiko, mengalokasikan sumber daya cadangan, dan melakukan monitoring terhadap risiko secara terus-menerus.

4. Perubahan Lingkungan Proyek

  • Tantangan: Lingkungan proyek yang dinamis dan berubah-ubah dapat menyulitkan POM dalam merencanakan dan mengelola proyek.
  • Strategi: POM harus memiliki fleksibilitas dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan proyek. Hal ini meliputi memperbarui rencana proyek secara berkala, berkomunikasi dengan stakeholder tentang perubahan yang terjadi, dan menyediakan solusi alternatif untuk mengatasi perubahan yang tidak terduga.

Secara keseluruhan, dengan menggunakan strategi yang tepat, seorang Project Operations Manager dapat mengatasi berbagai tantangan dalam mengelola proyek dan memastikan bahwa proyek tersebut tetap berjalan sesuai rencana dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Simak Lebih Lanjutnya hanya di Pelatihan Sertifikasi Project Operations Manager bersama ESAS Management)

Dalam pelatihan, Pak Fauzan menjelaskan tidak hanya terkait dengan teori saja namun juga menjelaskan secara langsung bagaimana praktiknya di lapangan dan tentunya membuka forum diskusi kepada peserta agar dapat saling berbagi kendala yang dihadapi di lapangan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Project Operations Manager (CPOM) yaitu sebagai berikut:

  1. Konsep dasar proyek manajemen
  2. Karakteristik dan tujuan proyek manajemen
  3. Jenis – jenis proyek
  4. Manajemen stakeholder
  5. Manajemen rencana operasional

Diakhir acara para peserta Certified Project Operations Manager (CPOM) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.

Menurut Salah satu peserta, yaitu Bayu pelatihan ini sangat menambah banyak wawasan saya dan banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan. Menarik dan seru sekali bagi saya, saya akan mulai berpraktik sesuai dari arahan pak Fauzan. Terima kasih banyak untuk fasilitator yang luar biasa dan Esas Management.