Jakarta, 14 Mei 2024 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Awareness Health Safety & Environment Electricity (CAHSEE). Certified Awareness Health Safety & Environment Electricity (CAHSEE) tersebut diselenggarakan pada hari Selasa, 14 Mei 2024 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda. Tidak lupa pelatihan ini difasilitasi oleh fasilitator yang luar biasa yang ahli dibidangnya, yaitu Pak Ega Ginanjar, A.Md., CMT. (Master trainer ESAS Management, Praktisi listrik di PLTU Suralaya).

Keselamatan dan Kerja (K3) adalah aspek penting dalam dunia kerja, terutama di industri yang melibatkan penggunaan listrik. K3 listrik mencakup berbagai tindakan dan prosedur yang bertujuan untuk melindungi pekerja dari risiko yang berhubungan dengan listrik, seperti sengatan listrik, kebakaran, dan ledakan. Penerapan K3 listrik yang baik tidak hanya melindungi pekerja, tetapi juga memastikan operasional yang lebih efisien dan aman.

Pentingnya K3 Listrik

  1. Mencegah Kecelakaan Kerja: Kecelakaan listrik bisa berakibat fatal, seperti cedera serius atau kematian. Penerapan K3 listrik membantu mencegah kecelakaan dengan memastikan bahwa semua instalasi dan peralatan listrik aman digunakan.
  2. Meningkatkan Produktivitas: Lingkungan kerja yang aman meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan diri pekerja, yang pada gilirannya meningkatkan produktivitas. Pekerja yang merasa aman akan lebih fokus dan efisien dalam melaksanakan tugasnya.
  3. Mematuhi Regulasi: Banyak negara memiliki regulasi ketat mengenai keselamatan listrik. Mematuhi peraturan ini bukan hanya kewajiban hukum tetapi juga menunjukkan komitmen perusahaan terhadap kesejahteraan karyawannya.

Risiko dan Bahaya Listrik

  1. Sengatan Listrik: Terjadi ketika tubuh manusia menjadi bagian dari aliran listrik, yang dapat menyebabkan luka bakar, kerusakan organ internal, atau bahkan kematian.
  2. Kebakaran: Instalasi listrik yang tidak aman atau peralatan yang rusak dapat menyebabkan kebakaran, yang berpotensi merusak properti dan membahayakan nyawa.
  3. Ledakan: Gas atau bahan mudah terbakar yang terpapar percikan listrik dapat meledak, menyebabkan kerusakan besar dan cedera serius.
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Listrik: Pentingnya Kesadaran dan Praktik yang Benar
Dokumentasi Pelatihan CAHSEE.

Langkah-langkah Pencegahan

Scroll Untuk Lanjut Membaca
  1. Pelatihan dan Pendidikan: Memberikan pelatihan yang memadai kepada pekerja mengenai bahaya listrik dan cara-cara pencegahan adalah langkah pertama dalam memastikan keselamatan. Pelatihan harus mencakup pengenalan peralatan keselamatan, prosedur darurat, dan praktik kerja yang aman.
  2. Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD): Pekerja harus menggunakan APD yang sesuai, seperti sarung tangan isolasi, sepatu pelindung, dan alat pelindung mata, saat bekerja dengan listrik.
  3. Pemeriksaan dan Pemeliharaan Rutin: Melakukan pemeriksaan rutin terhadap instalasi dan peralatan listrik untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik dan berfungsi dengan benar. Pemeliharaan preventif dapat mengidentifikasi masalah sebelum menjadi risiko besar.
  4. Penerapan Prosedur Kerja yang Aman: Mengikuti prosedur standar operasi (SOP) dan memastikan semua pekerjaan listrik dilakukan oleh tenaga ahli yang kompeten dan berlisensi.
  5. Penggunaan Peralatan yang Tepat: Menggunakan peralatan yang dirancang untuk pekerjaan listrik tertentu dan memastikan semua peralatan memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan.

Secara keseluruhan, keselamatan dan Kerja (K3) listrik adalah komponen krusial dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan produktif. Dengan pemahaman yang baik tentang risiko listrik dan penerapan praktik K3 yang benar, perusahaan dapat melindungi pekerjanya dari kecelakaan yang dapat dihindari dan meningkatkan efisiensi operasional. Kesadaran akan pentingnya K3 listrik harus ditanamkan di setiap tingkat organisasi, mulai dari manajemen hingga pekerja lapangan, untuk memastikan keselamatan bersama. (Simak Lebih Lanjutnya hanya di Pelatihan Sertifikasi Awareness Health Safety & Environment Electricity bersama ESAS Management)

Dalam pelatihan, Pak Ega menjelaskan tidak hanya terkait dengan teori saja namun juga menjelaskan secara langsung bagaimana praktiknya di lapangan dan tentunya membuka forum diskusi kepada peserta agar dapat saling berbagi kendala yang dihadapi di lapangan.

Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Awareness Health Safety & Environment Electricity (CAHSEE) yaitu sebagai berikut:

  1. Perundangan K3 Listrik
  2. Dasar K3 Listrik
  3. Potensi Bahaya Listrik
  4. Teori Segitiga Api
  5. Bahaya Petir
  6. Korsleting Listrik & Kebakaran
  7. P3K Listrik

Diakhir acara para peserta Certified Awareness Health Safety & Environment Electricity (CAHSEE) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.

Menurut Salah satu peserta, yaitu Imam C Saputro pelatihan ini sangat menambah banyak wawasan saya dan banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan. Menarik dan seru sekali bagi saya karena pembawaan pak Ega yang mudah dimengerti. Terima kasih banyak untuk fasilitator yang luar biasa dan ESAS Management.