Jakarta, 18 Mei 2024 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Self Hypnotherapy (CSHt). Pelatihan Certified Self Hypnotherapy (CSHt) tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 18 Mei 2024 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Self Hypnotherapy (CSHt). Beliau adalah Muh. Razak, CHt., CI. (Master Trainer ESAS Management, Praktisi dan Instruktur Hypnotherapy).

Dalam sebuah sesi pelatihan yang difasilitasi oleh ESAS Management, Coach Razak mengungkapkan pentingnya memahami gelombang otak dalam keilmuan Hypnotherapy. Coach Razak menjelaskan bahwa gelombang otak manusia terbagi menjadi tiga kategori utama: Beta, Alfa, dan Theta. Gelombang Beta terjadi saat manusia berada dalam keadaan sadar penuh, gelombang Alfa muncul ketika manusia dalam keadaan rileks, dan gelombang Theta muncul saat manusia berada dalam kondisi sangat rileks.

ESAS Management Sukses Selenggarakan Pelatihan Sertifikasi Self Hypnotherapy
Dokumentasi Pelatihan CSHt.

“Keilmuan Hipnosis itu menarik karena ilmunya dapat digunakan dalam segala lini dan tujuan, juga keilmuannya bersifat jangka panjang dan mengikuti perkembangan zaman,“ jelas Coach Razak.

Pelatihan ini juga membahas tahapan-tahapan dalam Self Hypnotherapy. Tahapan pertama adalah conditioning, di mana seseorang harus mengkondisikan diri untuk siap melakukan self hypnotherapy dan diikuti dengan self relaxation. Tahap selanjutnya adalah Age Regression, di mana seseorang berada pada gelombang otak Alfa atau Theta untuk melakukan perjalanan ke masa lalu (flashback). Tahapan ketiga adalah Self Therapy, di mana individu mulai memahami akar permasalahan dan mencoba berdamai dengan hal tersebut. Tahap terakhir adalah Terminasi, yaitu pengakhiran dari proses self hypnotherapy di mana seseorang mengucapkan terima kasih kepada luka atau menerima keadaan yang telah terjadi, sambil memberikan sugesti positif untuk diri sendiri.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Contoh sugesti yang diberikan adalah, “Saat ini, aku mengucapkan terima kasih kepada diriku yang terluka telah hadir selama proses ini. Kamu adalah bagian yang berharga dari diriku yang telah memberikan wawasan dan kesempatan untuk pertumbuhan dan penyembuhan.”

Coach Razak juga memberikan panduan untuk melakukan self hypnotherapy, seperti menemukan tempat yang tenang dan nyaman, menutup mata, mengambil napas dalam, dan membayangkan lingkaran indah di depan kita. Ia menyarankan untuk mengingat momen ketika kita merasa percaya diri dan kuat, serta membawa inner child yang terluka untuk merasakan kehangatan dan kekuatan yang ada di dalamnya.

Dalam pelatihan Certified Self Hypnotherapy (CSHt) yang berlangsung malam itu, fasilitator tidak hanya menerangkan materi tetapi juga membuka diskusi dan berbagi pengalaman dengan peserta agar mereka dapat melakukan self hypnotherapy dan merasakan kedamaian.

Beberapa hal yang dipelajari dalam pelatihan Certified Self Hypnotherapy (CSHt) ini meliputi:

  1. Hypnosis dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
  2. Gelombang otak beserta fungsinya
  3. Cara conditioning diri sendiri untuk mencapai trance
  4. Self hypnosis untuk penyembuhan luka batin
  5. Self hypnosis untuk kebutuhan setting goal

Di akhir acara, para peserta menyatakan kepuasan dan memberikan apresiasi tinggi terhadap pelatihan ini. ESAS Management terus berkomitmen dalam menyelenggarakan pelatihan berkualitas untuk mendukung pengembangan kompetensi dan kesejahteraan masyarakat.