Jakarta, 20-21 Mei 2024 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Human Capital Analyst (CHCA).

Pelatihan Certified Human Capital Analyst (CHCA) tersebut diselenggarakan pada hari Senin-Selasa, 20-21 Mei 2024 pukul 19. 00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Human Capital Analyst(CHCA). Beliau adalah Ibu Reni Farida Yanti, S.E., M.M. (HC Manager PT ESAS Edukasi Indonesia, Dosen & Kaprodi Manajemen ), dengan seorang moderator yaitu Indah (moderator & Admin Support ESAS Management).

Pelatihan Human Capital Analyst oleh ESAS Management: Langkah Penting Menuju Kompetensi HR
Dokumentasi Pelatihan CHCA Batch 21

Pada awal pelatihan Bu Reni menginformasikan bahwa sertifikasi kompetensi bagi para praktisi HR (Human Resources) kini menjadi sebuah keharusan. Hal ini dipertegas oleh Surat Keputusan Menaker Nomor 115 Tahun 2022 tentang Pemberlakukan Wajib Sertifikasi Kompetensi Kerja Bagi Tenaga Kerja Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Bu Reni, sebagai pemateri utama selama dua hari pelatihan, memaparkan secara komprehensif mengenai Human Capital, mencakup konsep dasarnya, analisis jabatan, kebijaksanaan manajemen sumber daya manusia, serta penyusunan uraian jabatan. Dari rangkaian materi tersebut, terlihat jelas perbedaan antara HR dan HC.

HR dianggap sebagai sumber daya manusia yang dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi, sementara HC lebih merupakan modal manusia yang dapat diinvestasikan oleh perusahaan guna mencapai keuntungan. Human Capital dikenal juga sebagai Modal Manusia, sebuah nilai yang didasarkan pada kemampuan dan kualitas tenaga kerja yang memengaruhi produktivitas.
Kesadaran akan pentingnya pengembangan Human Capital semakin menjadi fokus bagi perusahaan di era ini.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Dengan memiliki SDM yang berkualitas dan terampil, perusahaan dapat lebih siap menghadapi tantangan dan meraih peluang di pasar yang semakin kompetitif. Oleh karena itu, investasi dalam pengembangan sumber daya manusia, baik melalui pelatihan maupun sertifikasi kompetensi, menjadi kunci keberhasilan bagi pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan di masa depan.
Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan dalam mengelola SDM secara lebih efektif dan efisien. Dengan adanya standar kompetensi yang jelas, perusahaan dapat memastikan bahwa setiap karyawan memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk mendukung visi dan misi perusahaan. Sehingga, pelatihan dan sertifikasi kompetensi ini tidak hanya menjadi sebuah kewajiban, tetapi juga investasi berharga untuk masa depan perusahaan.