Jakarta, 25 Mei 2024 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Human Resources Leader (CHRL). Certified Human Resources Leader (CHRL) tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 Mei 2024 pukul 09.00 s.d 11.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda. Tidak lupa pelatihan ini difasilitasi oleh fasilitator yang luar biasa yang ahli dibidangnya, yaitu Bu Rika Hijrina, S.Sos., CHCM., C.HRL (HRGA Manager Perusahaan Asing, Praktisi HR & Sekretaris selama 20 tahun)

Menjadi seorang pemimpin dalam bidang sumber daya manusia (SDM) adalah tugas yang menantang dan memerlukan pemahaman mendalam tentang berbagai peran dan tanggung jawab yang ada. Seorang pemimpin SDM harus mampu mengelola rekrutmen dan seleksi, melatih dan mengembangkan karyawan, serta mengelola kinerja dan kompensasi dengan adil. Selain itu, kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan positif antara karyawan dan manajemen juga sangat penting. Keterampilan kepemimpinan seperti komunikasi yang efektif, empati, pengambilan keputusan yang tepat, dan penyelesaian konflik yang konstruktif harus terus dikembangkan oleh pemimpin SDM.


juga memainkan peran yang semakin penting dalam fungsi SDM. Pemimpin SDM harus terbuka terhadap penggunaan sistem manajemen sumber daya manusia (HRMS), analisis data, dan platform pelatihan online untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja mereka. Membangun budaya perusahaan yang positif adalah aspek lain yang harus diperhatikan, di mana pemimpin SDM harus menjadi teladan, mendorong inovasi dan kreativitas, serta menghargai karyawan atas kontribusi mereka.

Mengungkap Rahasia di Balik Pekerjaan Compensation & Benefit Specialist
Dokumentasi Pelatihan CHRL Batch 5.


Selain itu, menjalin hubungan yang kuat dengan berbagai pihak terkait, termasuk manajemen, karyawan, dan serikat pekerja, sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif. Kesuksesan dalam peran ini membutuhkan kombinasi antara pemahaman mendalam tentang tugas, keterampilan kepemimpinan yang solid, penerapan , pembangunan budaya yang positif, dan hubungan yang baik dengan semua pihak. Dengan strategi dan pendekatan yang tepat, seorang pemimpin SDM dapat membantu organisasi mencapai tujuannya melalui pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia yang optimal.

Secara keseluruhan, menjadi seorang pemimpin SDM yang efektif memerlukan kombinasi antara pemahaman mendalam tentang peran dan tanggung jawab, keterampilan kepemimpinan yang kuat, penerapan , pembangunan budaya perusahaan yang positif, dan hubungan yang baik dengan pihak terkait. Dengan strategi dan pendekatan yang tepat, seorang pemimpin SDM dapat membantu organisasi mencapai kesuksesan melalui pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia yang optimal.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

(Simak Lebih Lanjutnya hanya di Pelatihan Sertifikasi Certified Human Resources Leader bersama ESAS Management)

Dalam pelatihan, Bu Rika menjelaskan tidak hanya terkait dengan teori saja namun juga menjelaskan secara langsung bagaimana praktiknya di lapangan dan tentunya membuka forum diskusi kepada peserta agar dapat saling berbagi kendala yang dihadapi di lapangan.

Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Human Resources Leader (CHRL) yaitu sebagai berikut:

  1. Understanding the role of HR Strategy
  2. Alligning HR Initiatives with Business Process
  3. Executive -Based Compensation and Incentive Plants

Diakhir acara para peserta Certified Human Resources Leader (CHRL) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.

Menurut Salah satu peserta, yaitu Ilham Guswandi pelatihan ini sangat menambah banyak wawasan saya dan banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan. Menarik dan seru sekali bagi saya karena pembawaan bu Rika yang mudah dimengerti. Terima kasih banyak untuk fasilitator yang luar biasa dan ESAS Management.