Jakarta, 25 Mei 2024 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Professional Translator (CPT) tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 Mei 2024 pukul 09.00 s.d 11.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Professional Translator (CPT). Beliau adalah Garda Arif Wicaksono, M.Pd., C.Ed (Penulis Buku, Praktisi Penerjemah).

Pada awal pelatihan Certified Professional Translator yang difasilitasi oleh ESAS Management, Coach Wicak menjelaskan bahwa penerjemah profesional adalah individu yang terampil dalam mengubah konten tertulis atau lisan dari satu bahasa ke bahasa lain sambil mempertahankan makna, gaya, dan nada teks asli. Ini melibatkan tidak hanya keahlian linguistik tetapi juga pemahaman mendalam tentang nuansa budaya yang terkandung dalam bahasa.

Coach Wicak menjelaskan bahwa peran penerjemah profesional tidak hanya sebatas konversi linguistik. Ini adalah proses yang halus dan rumit yang menuntut pemahaman mendalam tentang bahasa, budaya, dan konteks. Penerjemah berfungsi sebagai jembatan yang meruntuhkan hambatan linguistik dan memfasilitasi komunikasi yang efektif antar budaya. Mereka berdiri sebagai penghubung yang tak tergantikan untuk pemahaman dan harmoni di dunia yang semakin terhubung.

ESAS Management Sukses Gelar Pelatihan Sertifikasi Certified Professional Translator (CPT)
Dokumentasi Pelatihan CPT Batch 5.

Pelatihan Certified Professional Translator (CPT) mencakup berbagai aspek penting yang harus dikuasai oleh seorang penerjemah profesional:

Scroll Untuk Lanjut Membaca
  1. Proses penerjemahan
  2. Strategi penerjemahan
  3. Pergeseran penerjemahan
  4. Kompetensi penerjemahan
  5. Alat penerjemahan

Pelatihan ini tidak hanya berfokus pada teori tetapi juga pada pengalaman praktis di lapangan, dengan Coach Wicak berbagi pengalamannya secara langsung dan membuka forum diskusi untuk berbagi kendala yang dihadapi di lapangan.

Di akhir acara, para peserta CPT sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini. Salah satu peserta, Raden Wahid Ibrahim, menyatakan, “Pelatihan professional translator yang disampaikan oleh Coach Wicak sangat luar biasa jelas dan menambah wawasan saya. Terima kasih banyak kepada Coach Wicak dan Tim ESAS Management.”

Dengan pelatihan ini, diharapkan para penerjemah profesional dapat terus meningkatkan keterampilan mereka dan berkontribusi dalam memfasilitasi komunikasi yang efektif di dunia global.