Jakarta, 30 Mei 2024 ESAS management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Data Analyst Fundamental (CDAF). Certified Data Analyst Fundamental (CDAF) tersebut diselenggarakan pada hari Kamis, 30 Mei 2024 pukul 19.30 s.d 21.30 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang  Certified Data Analyst Fundamental (CDAF). Beliau adalah Fauzan Daffa, S.T., CCSM., C.DAF., CTEM. (Senior quality assurance, User experience expert, Project planner)

Dalam era saat ini, data menjadi salah satu aset paling berharga bagi berbagai organisasi. Data analyst adalah profesional yang bertugas mengolah, menganalisis, dan menafsirkan data untuk membantu pengambilan keputusan yang lebih baik. Data analyst menggunakan alat dan teknik analisis data untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang bermakna. Informasi ini kemudian digunakan oleh perusahaan untuk membuat keputusan strategis, meningkatkan efisiensi operasional, dan menemukan peluang baru.

Seorang data analyst harus memiliki berbagai keterampilan, baik teknis maupun non-teknis. Dalam hal keterampilan teknis, bahasa pemrograman seperti Python dan R sangat diperlukan karena memiliki berbagai library yang mendukung analisis data, seperti pandas, numpy, dan matplotlib untuk Python. Selain itu, Structured Query Language (SQL) digunakan untuk mengelola dan memanipulasi database, dan kemampuan dalam SQL sangat penting untuk mengambil dan mengolah data yang tersimpan dalam database relasional. Meskipun alat analisis data yang lebih canggih seperti Python dan R semakin populer, Excel tetap menjadi alat penting untuk analisis data dasar dan visualisasi cepat. Keterampilan analitis seperti pemahaman tentang konsep statistik dasar, pemecahan masalah, dan pemikiran kritis juga sangat penting. Di sisi lain, keterampilan non-teknis seperti komunikasi, manajemen waktu, dan kolaborasi juga tak kalah pentingnya.

Ada berbagai alat dan yang digunakan oleh data analyst. Alat analisis seperti Python, R, dan SQL sangat populer di kalangan data analyst. Python adalah bahasa pemrograman serbaguna yang sangat populer karena fleksibilitas dan kekayaannya dalam library analisis data, sementara R dirancang khusus untuk analisis statistik dan visualisasi data. SQL digunakan untuk berinteraksi dengan database dan mengekstrak data yang diperlukan untuk analisis. Selain itu, alat visualisasi seperti Tableau, Power BI, dan library Python seperti Matplotlib dan Seaborn digunakan untuk membuat visualisasi data yang informatif dan menarik.

Scroll Untuk Lanjut Membaca
Mengungkap Potensi Karir Data Analyst: Panduan Dasar untuk Sukses di Era Digital
Dokumentasi Pelatihan CDAF BAtch 1

Proses analisis data melibatkan beberapa tahap, dimulai dari pengumpulan data dari berbagai sumber seperti database, API, dan file CSV. Setelah data dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah membersihkan data dari kesalahan dan inkonsistensi, termasuk mengatasi nilai yang hilang, duplikat, dan kesalahan ketik. Setelah data bersih, data analyst melakukan eksplorasi data awal untuk memahami karakteristik dan pola dalam data melalui statistik deskriptif dan visualisasi awal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik dan alat analisis untuk mengungkap wawasan dari data, yang bisa termasuk analisis regresi, clustering, atau analisis prediktif. Tahap selanjutnya adalah membuat visualisasi data yang membantu dalam menyampaikan temuan analisis kepada pemangku kepentingan. Akhirnya, data analyst menyusun laporan yang mencakup temuan, wawasan, dan rekomendasi berdasarkan analisis data. Laporan ini harus disajikan dengan cara yang jelas dan mudah dipahami oleh non-teknis.

Secara keseluruhan, menjadi data analyst membuka berbagai peluang karir di berbagai industri, termasuk , , , pemasaran, dan manufaktur. Keterampilan analisis data sangat dicari karena kemampuan mereka untuk mengubah data menjadi keputusan yang lebih baik. Menjadi seorang data analyst membutuhkan kombinasi keterampilan teknis, analitis, dan non-teknis. Dengan menguasai alat dan teknik yang tepat, seorang data analyst dapat memberikan kontribusi signifikan pada pengambilan keputusan dan strategi . Dalam dunia yang semakin didorong oleh data, peran data analyst menjadi semakin penting dan berharga.

(Simak Lebih Lanjutnya hanya di Pelatihan Sertifikasi  Data Analyst Fundamental di ESAS Management)

Dalam pelatihan, Pak Fauzan menjelaskan tidak hanya berteori saja namun Pak Fauzan juga menjelaskan bagaimana praktiknya di lapangan. Selain itu tentunya ada forum diskusi kepada peserta agar dapat saling berbagi kendala yang dihadapi.

Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Data Analyst Fundamental (CDAF) yaitu sebagai berikut:

  1. Pengenalan data analyst
  2. Statistik dasar
  3. Analisis data menggunakan excel/spreadsheet
  4. Metode penelitian
  5. Interpretasi dan komunikasi hasil

Diakhir acara para  Certified Data Analyst Fundamental (CDAF) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.  

Menurut Salah satu peserta, yaitu Budi Witjak saya merasa pelatihan yang sudah disampaikan hari ini sangat menambah banyak wawasan saya dan banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan. Terima kasih banyak Pak Fauzan dan ESAS Management.