Jakarta, 4 Juni 2024 ESAS management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Editor Book (CEd). Certified Editor Book (CEd) tersebut diselenggarakan pada hari Selasa, 4 Juni 2024 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang  Certified Editor Book (CEd). Beliau adalah Dr. Billy Lazuardi, S.E., M.M., C.Ed. (Dosen, Editor, Penulis Buku)

Di dunia akademik, peran dosen tidak hanya terbatas pada pengajaran, tetapi juga meliputi penelitian dan publikasi karya ilmiah. Menulis buku adalah salah satu cara penting bagi dosen untuk berbagi pengetahuan dan penelitian mereka dengan komunitas yang lebih luas. Namun, proses menulis dan menerbitkan buku bukanlah tugas yang mudah. Di sinilah peran editor buku menjadi sangat vital. Artikel ini akan membahas pentingnya editor buku bagi dosen serta profesionalisme dalam profesi editor.

Peran Editor Buku bagi Dosen

  • Meningkatkan Kualitas Naskah:

Penyempurnaan Struktur dan Konten: Editor membantu mengorganisir ide dan argumen dalam naskah sehingga lebih terstruktur dan logis. Mereka memastikan bahwa setiap bab saling mendukung dan mengalir dengan baik.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Pengeditan Bahasa dan Gaya: Editor memeriksa dan memperbaiki bahasa dalam naskah untuk memastikan kejelasan, kerapian, dan kesesuaian dengan gaya akademik yang tepat.

  • Memastikan Konsistensi dan Keakuratan:

Konsistensi Istilah dan Data: Editor memastikan penggunaan istilah dan data konsisten di seluruh naskah, yang sangat penting dalam karya ilmiah untuk menjaga kredibilitas.

Pemeriksaan Fakta: Editor membantu memverifikasi fakta, referensi, dan kutipan untuk memastikan keakuratan dan mencegah kesalahan yang dapat merusak reputasi penulis.

  • Menghemat Waktu dan Tenaga:

Pengelolaan Proses Penyuntingan: Dengan editor yang mengelola proses penyuntingan, dosen dapat lebih fokus pada penelitian dan pengajaran. Editor menangani berbagai aspek teknis dan editorial, sehingga mengurangi beban kerja dosen.

  • Memenuhi Standar Penerbitan:

Kepatuhan Terhadap Panduan Penerbit: Editor membantu dosen memenuhi pedoman dan standar penerbitan, meningkatkan peluang naskah diterima oleh penerbit bereputasi.

Profesionalisme dalam Profesi Editor Buku

  • Keterampilan dan Keahlian:

Kemampuan Penyuntingan: Editor buku harus memiliki keterampilan yang tajam dalam menyunting konten, tata bahasa, dan gaya penulisan. Mereka harus memahami aturan tata bahasa dan mampu memperbaiki teks dengan cara yang memperkuat pesan penulis.

Pengetahuan Akademis: Untuk menyunting karya ilmiah, editor harus memiliki pemahaman yang kuat tentang bidang akademik terkait. Pengetahuan ini memungkinkan mereka memberikan masukan yang relevan dan bermanfaat.

  • Etika dan Integritas:

Kerahasiaan: Editor profesional menjaga kerahasiaan naskah dan ide-ide penulis. Mereka tidak akan menyebarkan atau menggunakan informasi tanpa izin.

Kejujuran dan Transparansi: Editor memberikan masukan yang jujur dan konstruktif. Mereka transparan dalam komunikasi dengan penulis, menjelaskan perubahan yang mereka lakukan dan alasan di baliknya.

  • Keterampilan Komunikasi:

Kemampuan Interpersonal: Editor harus mampu bekerja sama dengan penulis secara efektif, memahami kebutuhan mereka, dan memberikan umpan balik yang membantu. Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting dalam menjalin hubungan kerja yang produktif.

Editor Buku: Mitra Tak Tergantikan bagi Dosen dan Profesionalisme dalam Profesi
Dokumentasi Pelatihan CEd

Negosiasi dan Diplomasi: Kadang-kadang, editor harus menegosiasikan perubahan atau memberikan kritik yang mungkin sulit diterima oleh penulis. Kemampuan untuk melakukannya dengan diplomasi adalah aspek penting dari profesionalisme editor.

  • Fleksibilitas dan Adaptabilitas:

Penyesuaian dengan Berbagai Gaya Penulisan: Setiap penulis memiliki gaya penulisan yang unik. Editor harus fleksibel dan mampu beradaptasi dengan berbagai gaya untuk memastikan bahwa mereka dapat membantu penulis memperkuat suara mereka sendiri.

Secara keseluruhan, editor buku memainkan peran yang sangat penting dalam dunia akademik, khususnya bagi dosen yang ingin menerbitkan karya ilmiah.  Di sisi lain, profesionalisme dalam profesi editor melibatkan keterampilan penyuntingan yang kuat, etika kerja yang tinggi, keterampilan komunikasi yang baik, serta fleksibilitas dan adaptabilitas. Dengan editor profesional, dosen dapat lebih fokus pada penelitian dan pengajaran, sementara karya mereka dipersiapkan untuk mencapai standar tertinggi dan mendapatkan pengakuan yang layak.

(Simak Lebih Lanjutnya hanya di Pelatihan Sertifikasi   Editor Book di ESAS Management)

Dalam pelatihan, Pak Billy menjelaskan tidak hanya berteori saja namun Pak Billy juga menjelaskan bagaimana praktiknya di lapangan. Selain itu tentunya ada forum diskusi kepada peserta agar dapat saling berbagi kendala yang dihadapi.

Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Editor Book (CED) yaitu sebagai berikut:

  1. Esensi editor
  2. Peran dan tanggung jawab editor
  3. Keterampilan dan pengetahuan editor
  4. Kepribadian editor
  5. Langkah praktis editing naskah

Diakhir acara para  Certified Editor Book (CED) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.  


Menurut Salah satu peserta, yaitu Fitria Kamta saya merasa pelatihan yang sudah disampaikan hari ini sangat menambah banyak wawasan saya dan banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan. Terima kasih banyak Pak Billy dan ESAS Management.