Jakarta, 7 Juni 2024 ESAS management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME). Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME) tersebut diselenggarakan pada hari Jumat, 7 Juni 2024 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME). Beliau adalah Danis Wahyu, S.AB., M.A., CMT. (Pendamping , Master Trainer Esas, COO ESAS Management)
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah () memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan menjadi tulang punggung perekonomian daerah. Namun, banyak yang menghadapi tantangan besar dalam berkembang dan bersaing di pasar. Di sinilah peran penting konsultan pendamping muncul. Konsultan pendamping adalah profesional yang memberikan saran, bimbingan, dan dukungan kepada para pelaku untuk mengatasi berbagai tantangan , membantu dalam berbagai aspek seperti manajemen, pemasaran, , hingga .

Manfaat menggunakan jasa konsultan pendamping sangat beragam. Pertama, konsultan membantu menyusun strategi yang efektif dengan analisis mendalam untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (analisis SWOT), memastikan bahwa dapat bertahan dan berkembang. Kedua, konsultan memberikan solusi untuk meningkatkan efisiensi operasional dengan merancang sistem kerja yang lebih baik, mengurangi biaya produksi, dan memaksimalkan output. Ketiga, konsultan sering kali memiliki jaringan luas yang dapat membuka akses ke sumber daya baru seperti mitra , investor, dan pasar baru, yang menjadi kunci untuk ekspansi dan peningkatan daya saing. Keempat, di era , pemanfaatan adalah keharusan. Konsultan membantu dalam mengadopsi terbaru seperti e-commerce, sistem manajemen pelanggan (CRM), dan pemasaran untuk meningkatkan kinerja dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Kelima, manajemen yang buruk adalah salah satu penyebab utama kegagalan . Konsultan dapat membantu mengatur arus kas, menyusun anggaran, dan mengelola hutang, sehingga memiliki yang sehat dan berkelanjutan.

Meningkatkan Usaha Kecil Menengah dengan Konsultan Pendamping UMKM
Dokumentasi Pelatihan CCSME.

Contoh sukses penggunaan konsultan pendamping bisa dilihat pada beberapa di Indonesia. Misalnya, sebuah usaha makanan ringan di Yogyakarta yang mengalami peningkatan omzet hingga 200% setelah mendapatkan bimbingan dari konsultan dalam hal strategi pemasaran dan manajemen stok. Memilih konsultan yang tepat sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa tips dalam memilih konsultan pendamping adalah memastikan konsultan memiliki pengalaman dan keahlian yang relevan dengan industri dan kebutuhan Anda, mencari tahu reputasi konsultan dari klien sebelumnya dan rekomendasi dari pelaku lain, memilih konsultan yang pendekatannya sesuai dengan visi dan budaya Anda, serta memastikan bahwa biaya jasa konsultan transparan dan sesuai dengan anggaran Anda.

Secara keseluruhan, konsultan pendamping memainkan peran krusial dalam membantu mengatasi tantangan dan mencapai kesuksesan. Dengan bimbingan yang tepat, dapat menyusun strategi yang lebih baik, meningkatkan efisiensi operasional, dan memanfaatkan untuk bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Memilih konsultan yang tepat adalah langkah awal menuju keberhasilan usaha kecil dan menengah di Indonesia.
(Simak Lebih Lanjutnya hanya di Pelatihan Sertifikasi Consultant Small and Medium Enterprise di ESAS Management)
Dalam pelatihan, Pak Danis menjelaskan tidak hanya berteori saja namun Pak Danis juga menjelaskan bagaimana praktiknya di lapangan. Selain itu tentunya ada forum diskusi kepada peserta agar dapat saling berbagi kendala yang dihadapi.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME) yaitu sebagai berikut:

  1. Kriteria
  2. Peran Pendamping
  3. Analisis Kebutuhan Pendamping
  4. Membuat Perencanaan Usaha
  5. Strategi Pemasaran
    Diakhir acara para Certified Consultant Small and Medium Enterprise (CCSME) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.

Menurut Salah satu peserta, yaitu Taufiqur Rahman saya merasa pelatihan yang sudah disampaikan hari ini sangat menambah banyak wawasan saya dan banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan. Terima kasih banyak Pak Danis dan ESAS Management.